Breaking News:

SEHABIS Hujan Deras, MUNCUL Lubang Besar di Jalan Raya, Ini Penyebabnya

Di lokasi tersebut muncul juga lubang besar dengan diameter 4 meter. Lubang yang berada di tengah jalan itu membuat kegiatan warga terhambat.

Editor: Wiedarto
KOMPAS.com/Tresno Setiadi
Bupati Brebes Idza Priyanti dan rombongannya meninjau jalan berlubang akibat tanah bergerak di Desa Batursari Kecamatan Sirampog Brebes, Minggu (14/2/2021) 

SRIPOKU.COM, BREBES--Hujan deras yang mengguyur ruas jalan Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (13/2/2021), mengakibatkan tebing longsor. Di lokasi tersebut muncul juga lubang besar dengan diameter 4 meter. Lubang yang berada di tengah jalan itu membuat kegiatan warga terhambat.

Padahal, jalan tersebut menghubungkan Brebes dengan Tegal dan termasuk jalan provinsi. “Yang ambles (berlubang) merupakan gorong-gorong," ujar Koordinator Satgas PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes Budi Sujatmiko. Dia mengatakan derasnya air membuat gorong-gorong itu rusak dan tidak kuat menahan gerusan. Ini menyebabkan jalan di atasnya terkikis dan berlubang. “Di bawah jalan memang gorong-gorong yang dilewati air sungai. Titiknya memang jembatan yang diaspal,” ujar Budi.

Kejadian jalan ambles ini membuat lokasi tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, dan hanya dapat dilewati kendaraan roda dua atau jalan kaki. Padahal, jalan tersebut dipakai oleh warga untuk mengirim hasil pertanian. Akibatnya, penyaluran hasil pertanian tersendat. "Kendaraan roda empat tidak bisa lewat, kalau pun bisa hanya roda dua atau jalan kaki untuk melansir hasil pertanian warga," terang Bupati Brebes Idza Priyanti, Senin (15/2/2021).

Jalan ambles ini juga mengakibatkan pasokan air bersih terhambat. Pasalnya, pipa-pipa itu rusak. “Perumda Tirta Baribis saat ini tengah melakukan perbaikan," ungkapnya.
Menurut Idza, perbaikan jalan kurang lebih akan berlangsung dalam lima hari. Kepala Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Tegal Wahyutoro Soetarno menjelaskan perbaikan tahap pertama dilakukan dengan pemasangan armco (gorong-gorong baja bergelombang) sepanjang aliran air di bawah jalan, kemudian akan ditimbun material. "Selanjutnya, akan dibuatkan kontruksi permanen dengan melebarkan lubang gorong gorong," jelasnya,” urainya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lubang Besar Muncul di Jalan Brebes-Tegal, Ini Penyebabnya", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/02/15/13073571/lubang-besar-muncul-di-jalan-brebes-tegal-ini-penyebabnya?page=all#page2.

Editor : Reza Kurnia Darmawan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved