Breaking News:

Tradisi Unik, Seminggu Sebelum Imlek Sajikan Makanan Manis Untuk Dewa Dapur, Cegah Laporan Jelek

Selain menjaga dapur, Zao Shen juga bertugas untuk melaporkan ke Jade Emperor apakah orang-orang dalam rumah tersebut telah berbuat baik atau tidak.

sripoku.com/maya
Toko menjual pernak pernik Imlek 

SRIPOKU.COM - Dalam tradisi masyarakat China ada satu dewa yang sangat penting perannya. Dewa tersebut bernama Zao Jun atau Zao Shen, berperan sebagai penjaga dapur dan kompor.

Menurut Olivia, seorang pemandu tur virtual Hong Kong Tourism Board , Zao Shen selaku Kitchen God atau Dewa Dapur bertugas untuk melindungi kesehatan keluarga dan menjaga agar kebakaran tidak terjadi dalam rumah yang dijaga.

“Karena itu Dewa ini dapat dilihat di dalam rumah orang-orang di dapur, mungkin di dinding atau dekat lantai dekat kompor,” ujarnya. Hal tersebut disampaikan olehnya dalam “Walking Chinese New Year Virtual Tour–Hong Kong Tourism Board” pada Rabu (10/2/2021).

Olivia melanjutkan, tugasnya dalam menjaga dapur artinya Zao Shen juga memiliki pengetahuan akan apa pun yang terjadi dalam rumah tangga tersebut.

“Selain menjaga dapur, Zao Shen juga bertugas untuk melaporkan ke Jade Emperor apakah orang-orang dalam rumah tersebut telah berbuat baik atau tidak. Itu adalah hal yang paling penting dalam perannya,” jelas Olivia.

Ada pun Jade Emperor atau Yu Huang Da Di yang juga dikenal sebagai Kaisar Giok dikatakan oleh Olivia sama seperti Dewa Zeus dalam mitologi Yunani.

“Karena itu, secara alamii, orang-orang tidak ingin Kitchen God mengatakan hal yang buruk tentang mereka di hadapan Jade Emperor,” ucapnya.

Guna menghambat Dewa Dapur melaporkan hal yang buruk kepada Jade Emperor, maka orang-orang akan menyiapkan makanan manis yang penuh dengan gula.

Konon, Dewa Dapur diketahui menyukai makanan manis. Jadi, lanjut Olivia, orang-orang akan memberinya makanan manis untuk disantap oleh Dewa Dapur.

“Saat dia memakan makanan manis dan dipanggil Jade Emperor, dia tidak akan bisa menjelek-jelekan keluarga tersebut di hadapan Jade Emperor karena tidak bisa berbicara dengan baik,” kata Olivia.

Halaman
12
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved