Breaking News:

Optimalisasi Layanan Kesehatan, Pemkab Muara Enim Akan Bangun Labkesda Representatif 

Pemkab Muara Enim akan segera membangun gedung Laboratorium Kesehatan Daerah(Labkesda) yang representatif, guna meningkatka pelayanan kesehatan

sripoku.com/ardani
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Selamet Oku Asmana, S.K.M., M.Kes 

SRIPOKU.COM, MUARA ENIM - Untuk mengoptimalkan pelayanan di bidang kesehatan, Pemkab Muara Enim akan segera membangun gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang representatif.

Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim Selamet Oku Asmana, S.K.M., M.Kes , Jumat (12/2/2021) mengatakan, Labkesda merupakan Unit pelaksana (UPTD) di Lingkungan Dinas Kesehatan yang melaksanakan pelayanan kesehatan khusus di bidang Laboratorium.

Dia katakan pembangunan gedung baru Labkesda yang presentatif sudah sangat mendesak karena akan menunjang pelayanan dibidang kesehatan.

Menurutnya ada beberapa opsi yang akan ditinjau ulang terkait lahan yang nantinya akan ditetapkan oleh Bupati Muara Enim sebagai lokasi pembangunan Labkesda.

Diantaranya belakang eks terminal regional perbatasan Kabupaten Lahat, di depan ex Bappenda, gedung PWRI dan sejumlah tempat yang memungkinkan lainnya.

Rencananya gedung Labkesda tersebut dibangun dua tahap, yakni tahap pertama pembangunan untuk Laboratorium Klinis dengan menelan dana sekitar Rp 2 Milyar pada tahun 2021, kemudian tahap kedua untuk pembangunan Laboratorium air akan kita usulkan melalui Sumber dana dari APBN DAK tahun 2022.

"Kita fokus di bidang Klinis dan Laboratorium Air dahulu," ujar Oku panggilan akrabnya.
Masih dikatakan Oku, Labkesda merupakan bagian yang integral dari pelayanan kesehatan, laboratuorium sangatlah dibutuhkan salah satunya dalam pelaksanaan berbagai program pendukung upaya kesehatan, juga dimanfaatkan untuk keperluan penegakkan diagnosis, pemberian pengobatan, evaluasi hasil pengobatan serta pengambilan keputusan lainnya.

 Perlunya pemeriksaan laboratorium adalah untuk menegakkan diagnose suatu penyakit.

Dengan diketahui hasil laboratorium akan memudahkan dokter dalam mendiagnose dan pengobatan bagi pasiennya.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved