Breaking News:

Sekum Pengprov PSAWI: Danau Datuk di Peninjauan, OKU, Cocok Jadi Venue Ski Air Porprov Sumsel Ke-13

Dengan dipilihnyaDanau Datuk ini akan mendorong munculnya daerah wisata baru bagi Pemkab OKU dan menggairahkan sport touris

DOK. PSAWI SUMSEL
PSAWI OKU dan tim mensurvei venue Ski Air Porprov Sumsel ke-13 yang akan digelar Danau Datuk Kecamatan Peninjauan SP 1, Kabupaten OKU pada bulan November 2021 mendatang. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Setelah melakukan serangkaian upaya di tiga lokasi, Sekum Pengprov PSAWI (Persatuan Ski Air dan Wake board Indonesia) Sumsel Lida Yanto SSos MSi menyatakan venue Ski Air Porprov Sumsel ke-13 akan digelar Danau Datuk Kecamatan Peninjauan SP 1, Kabupaten OKU pada bulan November 2021 mendatang.

"Tadinya kita ada tiga lokasi yang akan dijadikan alternatif venue. Setelah tim melakukan survei maka Danau Datuk inilah yang cocok dengan panjang 1.000 meter dikali 150 meter," ungkap Lida Yanto SSos MSi kepada Sripoku.com, Kamis (11/2/2021).

Turut mensurvei Ketua PSAWI OKU H Yoni yang juga Wakil Ketua DPRD OKU, Sekretaris PSAWI OKU Yassir yang juga Pengawas Senior Diknas OKU, Dinas PU OKU, Camat, Kades setempat.

"Venue ini sudah disurvei menunjukkan PSAWI serius. Tinggal pembersihan dan penataan lokasi untuk penyempurnaan venue Porprov," ujar Lida Yanto yang juga Wakil Ketua Diktar KONI Sumsel.

Dua lokasi lainnya terkendala yang urung dijadikan venue ski air Porprov Sumsel ke-13 ini yakni Danau Sriwijaya di Kompleks Perumahan Sriwijaya dinilai panjang dan lebarnya tidak memenuhi persyaratan.

Sedangkan Danau PT Semen Baturaja memenuhi persyaratan akan tetapi lantaran merupakan objel vital perindustrian harus izin khusus dari Menteri BUMN.

PSAWI OKU dan tim mensurvei venue Ski Air Porprov Sumsel ke-13 yang akan digelar Danau Datuk Kecamatan Peninjauan SP 1, Kabupaten OKU pada bulan November 2021 mendatang.
PSAWI OKU dan tim mensurvei venue Ski Air Porprov Sumsel ke-13 yang akan digelar Danau Datuk Kecamatan Peninjauan SP 1, Kabupaten OKU pada bulan November 2021 mendatang. (DOK. PSAWI SUMSEL)

Dengan dikembangkannya Danau Datuk ini, kata Lida Yanto, tentunya akan mendorong munculnya daerah wisata baru bagi Pemkab OKU dan menggairahkan sport tourism bagi masyarakat dan pelaku olahraga lainnya seperti pusat latihan (TC) ski air dan dayung.

"Dengan demikian Porprov membawa dampak positif bagi pertumbuhan UMKM lokal, pengembangan daerah wisata baru dan menjadi pilot project cabor unggulan bagi KONI Kabupaten OKU, PSAWI dan Pemkab OKU sendiri. Serta akhirnya melahirkan prestasi atlet ski air dan dayung," terangnya.

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan bahwa Porprov bukan sekadar program ritual rutinitas pesta olahraga keolahragaan saja tapi juga merupakan program penjabaran tujuh isu strategis oleh Presiden Jokowi yaitu membangun dunia olahraga untuk meraih prestasi setinggi-setingginya dalam rangka mengangkat harkat dan martabat bangsa. 

Termasuk di dalamnya adalah kontribusi dari tiap-tiap Penerintah Daerah sebagai wujud negara kesatuan republik indonesia, Program Nawacita. 

"Di samping membangun prestasi, tentu kita berharap akan membawa dampak positif pembangunan di daerah berupa pembangunan venue-venue olahraga yang berkaitan langsung dengan program pembangunan infrastruktur di daerah seperti pembangunan sport tourism industri pariwisata dan UKM (perekonomian)," paparnya.

Melalui Porprov ke-XIII ini kita berharap ada percepatan pembangunan atau akselarasi dalam neningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved