Breaking News:

Atlet PON Sumsel Diminta Jaga Kebugaran, KONI Sumsel Tes Fisik Jelang Pelatda

Sebanyak 107 orang dari 131 orang jumlah atlet Pelatda PON Sumsel telah menjalani tes fisik dan tes kesehatan di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang

SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Para atlet PON Sumsel saat mengikuti tes fisik dan tes kesehatan di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Kamis (11/2/2021). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Sebanyak 107 orang dari 131 orang jumlah atlet Pelatda PON Sumsel telah menjalani tes fisik dan tes kesehatan di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang pada hari pertama, Kamis (11/2/2021).

KONI Sumsel melaksanakan tes fisik dan tes kesehatan sekitar 131 atlet dari 28 cabor yang dipersiapkan untuk berlaga pada PON Papua pada 2021 dengan protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Ketua Tim Kontingen PON Sumsel, dr Syamsudin Ishac, SpOg sekaligus Ketua Panitia Pelatihan Daerah (Pelatda) PON, mengungkapkan bahwa untuk menghadapi PON para pelatih cabor harus mempersiapkan unsur-unsur fisik, teknik, taktik, dan mental.  

Syamsudin menjelaskan, pada tahap persiapan umum pelatih masih mengutamakan unsur fisik yang mendukung prestasi atlet.

Sumbangan prestasi harus didukung oleh faktor fisik, sehingga akan membawa atlet lebih percaya diri dengan kondisi fisik yang telah dipersiapkan. 

Persiapan kondisi fisik tidak hanya bersifat tradisional yaitu mengulang dari metode-metode yang diajarkan terdahulu, namun harus didukung dengan perkembangan ilmu-ilmu olahraga saat ini sehingga akan mempercepat proses peningkatan kualitas fisik atlet. 

Untuk melihat kemampuan dan peningkatan kondisi fisik atlet, maka perlu diadakan tes dan pengukuran bagi atlet yang mengikuti Pelatda.

Tes ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah kondisi fisik atlet, sudah meningkat dan siap dalam menghadapi PON XX. 

Selain itu Syamsudin juga berkata untuk mengevaluasi kondisi fisik atlet, yang baik harus didukung dengan alat pengukuran dan macam-macam tes yang sudah valid dan terandalkan. 

Halaman
123
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved