Breaking News:

Wawancara Tokoh

Ketua PPNI Sumsel Subhan Blak-blakan Isu Vaksin Nakes (1): Efek Ngantuk, Pegal, Demam Biasa Saja

Alhamdulilah dengan adanya vaksin ini secara ilmiah telah diteliti, kita mendapatkan perlindungan terhadap virus ini.

ISTIMEWA
Ketua PPNI Sumsel, Subhan 

VAKSINASI Covid-19 terhadap tenaga kesehatan (Nakes) sudah mulai dilakukan sejak 14 Januari 2021 lalu. Meski ada yang meragukan vaksin itu, Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sumatera Selatan, Subhan menilai vaksinasi untuk nakes membangun kepercayaan diri dalam bekerja di garda terdepan penanganan Covid-19. Bagaimana pandangannya terkait vaksin untuk nakes, berikut wawancara wartawan Sripo dengan Subhan.

*****

Vaksinasi terhadap nakes sudah dilakukan, bagaimana Anda menilainya?
Menurut saya vaksin sangat penting terhadap nakes. Karena dalam melaksanakan tugas sesuai profesi, kami tidak bisa mundur dalam menjalankan tugas saat akan merawat pasien Covid-19. Alhamdulilah dengan adanya vaksin ini secara ilmiah telah diteliti, kita mendapatkan perlindungan terhadap virus ini.

Dengan vaksinasi apakah dapat membuat kekebalan terhadap tubuh nakes?
Ketika seseorang sudah divaksinasi sebanyak dua kali, angka kekebalan tubuh seseorang bisa mencapai 97 persen. Dengan adanya kekebalan tubuh terhadap virus corona, membuat para nakes lebih percaya diri dalam menjalankan tugas hariannya.

Apakah dengan telah mendapatkan vaksinasi, para tenaga kesehatan dapat dipastikan terhindar dari Covid-19?
Dengan angka kekebalan tubuh hampir seratus persen artinya imun kita semakin kuat melawan virus. Tapi tidak dijamin orang disuntik akan terbebas dari sebaran virus. Tapi setidaknya vaksinasi ini menambahkan kepercayaan diri kami.

Ketua PPNI Sumsel Subhan Blak-blakan Isu Vaksin Nakes (2-Habis): Jangan Termakan Teori Konspirasi

Seberapa pentingkah tingkat kepercayaan diri para Nakes dalam bekerja?
Dengan percaya diri kita sudah kebal, otomatis secara psikis kita tidak akanada keraguan dalam merawat pasien. Ketika sudah percaya diri penyakit juga akan takut masuk ke tubuh kita.

Setelah vaksinasi diberikan, apa sejauh ini ada keluhan dari nakes yang menerima vaksinasi?
Untuk keluhan belum ada, semuanya bagus. Belum ada nakes yang divaksin alami kendala berarti sampai komplikasi atau pingsan. Paling ketika disuntik itu efeknya ngantuk, pegal dan demam sedikit itu biasa saja, namanya baru divaksin. (odi aria)

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved