Breaking News:

Wawancara Tokoh

Gubernur Herman Deru Bicara Quantum Leap Sumsel (1): Infrastruktur Selaras Ekonomi Maju

Saya ingin pembangunan di daerah itu dapat selaras dengan visi-misinya Gubernur Sumsel.

Penulis: Odi Aria Saputra | Editor: Soegeng Haryadi
HUMAS KONI SUMSEL
Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM bersama Ketum KONI Sumsel H Hendri Zainuddin SAg SH usai membuka Rapat Kerja KONI Sumsel, di Hotel Swarna Dwipa, Rabu (23/12/2020). 

QUANTUM Leap atau lompatan besar digadang-gadang segera terjadi setelah semua proyek infrastruktur di Pulau Sumatera selesai. Di Provinsi Sumatera Selatan, proyek infrastruktur nasional dan lokal juga dikebut. Apa saja keutamaan dan urgensinya bagi masyarakat Sumatera Selatan, simak wawancara dalam program Walk The Talk With Weny bersama Kepala Newsroom Sriwijaya Post - Tribun Sumsel Weny Ramdiastuti dengan Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Pak Gubernur, kemarin Pak Jokowi baru saja meresmikan Tol Kayu Agung-Palembang. Bahwa peresmian kemarin merupakan lompatan besar atau quantum leap untuk poros utama Trans Sumatera, bagaimana Anda melihatnya?
Rasanya bahagia pasti kita telah memiliki tol Kapal. Saya selalu berbicara soal pembangunan yang harus terintegrasi dan sinkron. Tentu harus ada upaya dalam semua tingkatkan.

Sinkronisasi yang Pak Gubernur nyatakan bentuknya seperti apa ke kabupaten/kota di Sumsel?
Saya ingin pembangunan di daerah itu dapat selaras dengan visi-misinya Gubernur Sumsel.

Apakah pembangunan yang selaras itu hanya terjadi di daerah Sumsel saja dan tidak sama secara nasional?
Kebetulan di nasional banyak pemikiran yang selaras. Bahwa infrastruktur itu adalah jawaban dari upaya kita untuk mempercepat lajunya perekonomian. Tentunya harus dengan infrastruktur yang baik.

Seberapa pentingkah Anda menilai selarasnya pembangunan infrastruktur di nasional dan daerah?
Kenapa infrastruktur itu harus selaras dan searah, agar akselerasi atau pertumbuhan ekonomi berjalan dengan baik dan maju. Tidak hanya jalan, jembatan tapi juga infrastruktur lainnya. Agar ekonomi kita ini bergeliat.

Dengan demikian, apakah pak Gubernur yakin bahwa pembangunan infrastruktur dapat berpengaruh terhadap produktivitas masyarakat?
Infrastruktur ini adalah salah satu cara untuk memberikan wujud kebahagiaan ke masyarakat Sumsel.
Maka Pak Presiden itu sama dengan kita pemikirannya untuk memajukan infrastruktur. Meskipun hal ini tidak gampang dan memiliki banyak tantangan.

Infrastruktur menjadi fokus utama Pemprov Sumsel, bagaimana Pak Gubernur membagi infrastruktur mana yang harus didahulukan di Sumsel?
Kalau di Pemprov Sumsel pembangunan infrastruktur berdasarkan super prioritas, prioritas dan reguler. Hal ini dilakukan agar tidak salah menempatkan prioritas pembangunan.

Kalau secara nasional Pak Presiden fokus pembangunan infrastruktur untuk konektivitas dari Sabang sampai Marauke. Bagaimana untuk di Sumsel sendiri?
Jadi superprioritas kita adalah infrastruktur. Kalau di Sumsel bagaimana konektivitas antar kabupaten harus dipulihkan bahkan harus kita perdekat. Bahkan memperdekat konektivitas provinsi ke provinsi luar.

Untuk jalan tol Kapal Betung apa yang membuatnya spesial, sampai Pak Jokowi memujinya?
Untuk diketahui jalan tol ini tidak semua Proyek Strategis Nasional (PSN), ada juga yang sifatnya investasi. Kenapa pak Jokowi bangga dengan tol Kapal Betung, ini adalah investasi dari swasta murni. Ini ada putra di dalam investasi itu.

Apa yang membuat jalan tol investasi dinilai sangat istimewa?
Kenapa investasi dinilai istimewa, karena ada peran swasta yang di dalamnya. Sama sekali tidak pakai uang negara. Investasi ini semuanya tanggung jawab utuh pihak swasta. Itulah kenapa namanya Waskita Sriwijaya Tol karena ini punya lokal.

Berapa persen investasi lokal ada berapa banyak?
Kalau secara khusus saya tidak paham karena itu internal. Tapi disini kita bangga investasi lokalnya. Ke depan saya akan intervensi Bank Sumsel Babel untuk ikut berperan. Bukan hanya kecipratan. (odi aria)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved