Breaking News:

Pandemi Covid-19 Masih Belum Usai, Bagaimana Proses Pembuatan Vaksin Sebenarnya ?

Proses pembuatannya yang terbilang memakan waktu yang tidak sebentar membuat sbeagian publik bertanya-tanya, seperti apa pembuatan vaksin sebenarnya ?

AP PHOTO/TSAFRIR ABAYOV
Perawat Israel menyiapkan vaksin Covid-19 untuk disuntikkan di Barzilai Madical Center di kota Ashkelon, pada Minggu (20/12/2020) 

SRIPOKU.COM -- Masih tingginya angka penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19 di dunia membuat semua negara berlomba-lomba untuk mencegahnya.

Salah satu upaya yang sekarang masih terus digalakkan adalah pembuatan vaksin untuk melawan Covid-19.

Memasuki tahun 2021, beberapa perusahaan biofarmasi telah membuat beberapa jenis vaksin yang sebagian besar telah didistribusikan ke beberapa negara di dunia.

Proses pembuatannya yang terbilang memakan waktu yang tidak sebentar membuat sebagian publik bertanya-tanya, seperti apa pembuatan vaksin sebenarnya ?

Berikut jawabannya, seperti dikutip dari Kompas.com.

===

Cara Kerja Vaksin

Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin. (www.tribunnews.com)

Dikutip dari Medical News Today (22/1/2021), vaksin yang dikenal selama ini dibuat dengan menggunakan patogen atau sebagian patogen virus yang dinonaktifkan.

Namun pembuatan vaksin saat ini juga dapat dilakukan menggunakan materi genetik yang disintesis secara kimiawi di laboratorium.

Materi genetik itu kemudian mengajari dan memberikan perintah sistem kekebalan tubuh cara melawan infeksi virus SARS-CoV-2 di masa mendatang.

Halaman
1234
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved