Breaking News:

Virus Corona di Sumsel

Masker Bantu Cegah Penularan Covid-19, Ini 4 Situasi Wajib Pakai Masker Selama Pandemi  

Masih dalam situasi pandemi Covid-19, masker menjadi salah satu cara mencegah penularan yang disebabkan melalui saluran pernapasan.

SRIPOKU.COM / RM Resha A.U
Orangtua siswa saat membetulkan masker anaknya, ketika mengantarkan anaknya bersekolah di tengah Pandemi, di SD Negeri 1 Martapura OKU Timur, Senin (7/9//2020) 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Masih dalam situasi pandemi Covid-19, masker menjadi salah satu cara mencegah penularan yang disebabkan melalui saluran pernapasan.

Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO kembali menjelaskan dalam panduan tentang penggunaan masker.

WHO mengungkapkan bukti ilmiah semakin mendukung efektivitas pemakaian masker untuk mencegah infeksi virus saluran pernapasan, termasuk Covid-19.

Masker akan membantu menghentikan penyebaran virus lewat percikan (droplet) bersin dan batuk.

“Bahkan, masker yang baik kualitasnya akan melindungi dari micro droplet atau percikan yang sangat kecil yang dapat melayang di ruangan sempit berventilasi buruk atau penyebaran terbatas secara aerosol,” ungkap juru bicara pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro melalui rilis yang diterima, Kamis (28/1/2021).

Kewajiban menggunakan masker bagi orang yang lebih berisiko mengalami komplikasi berat, seperti orang berusia di atas 60 tahun dan orang yang memiliki kondisi penyerta yang dikenal dengan orang dengan komorbid.

Penyakit komorbid seperti penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, penyakit paru kronis, kanker, penyakit serebrovaskular, atau imunosupresi.

“WHO juga menekankan masyarakat harus mengikuti instruksi memakai, melepas, dan membuang masker medis dan mengikuti semua langkah tambahan, terutama etiket bersin dan batuk (dengan menutup dengan siku bagian dalam), sering membersihkan tangan, dan menjaga jarak fisik minimal 1 meter dengan orang lain,” ujarnya.

Jika pada praktiknya masker medis tidak tersedia, maka masker kain yang memenuhi spesifikasi, yaitu masker tiga lapis diperbolehkan untuk digunakan.

Halaman
123
Penulis: maya citra rosa
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved