Breaking News:

Penyelundupan BBM

TANPA Bendera dan Matikan Sinyal, Tanker Iran Tansaksi Minyak di Laut Kalimantan: Kepergok TNI AL

Indonesia menyita sebuah kapal tanker Iran yang tertangkap tangan secara ilegal sedang mentransfer minyak ke sebuah kapal dari Panama,

Editor: Wiedarto
Indonesia Coast Guard/AFP
Penampakan kapal tanker Iran yang ditangkap di perairan Kalimantan yang terbukti pindahkan minyak secara ilegal, Minggu (24/1/2021) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA -- Indonesia menyita sebuah kapal tanker Iran yang tertangkap tangan secara ilegal sedang mentransfer minyak ke sebuah kapal dari Panama, menurut penjaga pantai.

Kapal tanker Iran berbendera MT Horse dan Panamanian Frey ditangkap pada hari Minggu (24/1/2021) di perairan Kalimantan dan dikawal ke Pulau Batam untuk penyelidikan lebih lanjut.

Penjaga pantai mengatakan kapal-kapal itu terdeteksi pada pukul 05.30 WITA, mereka tidak mengibarkan bendera nasional apa pun, telah mematikan ID otomatis. sistem dan tidak menanggapi radio.

Juru bicara Wisnu Pramandita mengatakan kapal-kapal itu 'tertangkap basah' sedang memindahkan minyak dari Horse ke Freya dan ditemukan tumpahan minyak di sekitar kapal tanker penerima.

Wisnu menambahkan bahwa 61 awak kapal itu adalah warga negara Iran dan China yang ikut ditahan.

Amerika Serikat telah memberlakukan cengkeraman ekonomi terhadap Iran sejak 2018 setelah melanggar komitmen nuklirnya, menghambat ekspor minyaknya ke dunia.

Para ahli memperkirakan Teheran mengirimkan kurang dari 300.000 barel minyak mentah per hari, dibandingkan dengan puncak 2,8 juta per hari dua tahun lalu.

Data pengiriman di Refinitiv Eikon menunjukkan, kedua supertanker—masing-masing mampu membawa 2 juta barel minyak—terakhir terlihat pada awal bulan ini di lepas pantai Singapura.

Menurut data Marinetraffic, MT Horse berbendera Iran melaporkan mereka tengah berlayar menuju ke Pelabuhan Fujairah Anch, Uni Emirat Arab.

Masalah teknis

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved