Breaking News:

Pelopori Bank Mini

SMK Muhammadiyah 1 Palembang Pelopori Bank Mini

Menjawab tantangan skill dan keterampilan dunia kerja, Sekolah Menengah Ke­ju­ruan (SMK)Muhahammadiyah 1 Palembang mempelopori berdirinya Bank Mini.

ist
Siswa SMK Muhammadiyah 1 Palembang Praktik melayani nasabah Bank Mini Muhsapa. 

SRIPOKU.COM—Menjawab tantangan skill dan keterampilan dunia kerja, Sekolah Menengah Ke­ju­ruan  (SMK) Muhahammadiyah 1 Palembang mempelopori berdirinya Bank Mini.

Bank Mini yang   diberi nama  Bank Mini Muhsapa (Muhammadiyah Satu Palembang) sebagai    sarana dan wahana praktik siswa dan peserta didik terutama terkait Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Menurut Erik Pebriansyah, S.Pd selaku Kepala Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, berdirinya Bank Mini Muhsapa atas arahan kepala sekolah SMK M 1 Seriyani, S.Pd  ka­rena  selama ini ada angapan  anggapan peserta didik bahwa belajar di Kompetensi Keahlian Akun­tan­si dan Keuangan Lembaga “menghitung yang uang tetapi hanya dalam khayalan dan tidak ada uangnya”

erik
Erik Pebriansyah, S.Pd   (ist)

Menurut Erik Pebriansyah, S.Pd yang dipercaya membidani pendirian Bank Mini Muhsapa yang juga menjabat direktur menyebutkan, berdasarkan AD/ART, Bank Mini Muhsapa berfungsi sebagai tempat praktik siswa. Selain itu membantu siswa memasyarakatkan jiwa perbankan kepada siswa lainnya dan menghimpun dana dari siswa, guru, karyawan dan orangtua siswa serta masyarakat di lingkungan SMK Muhammadiyah 1 Palembang.

Selain itu Bank Mini Muhsapa bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengelola keuangan, dan menjadi daya tarik calon peserta didik baru agar masuk di SMK Muhammadiyah 1 Palembang terutama Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lem­baga.

seriyani
Seriyani SPd  (ist)

Kepada Sekolah SMK M 1 Seriyani SPd kepada Sripoku.com Kamis (21/1) menjelaskan, awal tahun pelajaran baru 2018/2019 menugaskan Erik Pebriansyah, S.Pd selaku Kepala Kompetensi Ke­ah­lian Akuntansi dan Keuangan Lembaga untuk mendirikan Teaching Factory “Bank Mini Muh­sapa”.

“Alhamdullah setelah kita keluarkan Surat Keputusan Kepala SMK Muhammadiyah 1 Palembang Nomor: 116/KEP/III.4 AU/D/2018 tertanggal 22 Juli 2018 tentang pendirian dan pengelola Bank Mini Muhsapa dan saya Erik Pebriansyah, S.Pd ditugaskan sebagai Direkturnya

Menyinggung peredaran yang dikelola Bank Mini Muhsapa, Seriyani menyebutkan bahwa saat ini  perputaran uang di Bank Mini Muhsapa berkisar Rp 1,7 Miliar dengan jumlah nasabah 876 Nasabah

Respon Dunia Usaha

Keberadaan Bank Mini Muhsapa jelas Seriyani alhmdulillah mendapat respon positif dari dunia usaha seperti dari Bank SumselBabel Cabang Syariah. Respon positif tersebut sangat terlihat dalam bentuk pemberian bantuan dana pengembangan dan sekaligus bersedia menjadi Bank Pembina.

Sebagai Bank Mini pertama yang didirikan di Lingkungan sekolah swasta di Sumatera Selatan, Bank Mini Muhsapa SMK Muhammadiyah 1 dengan alamat kompek Muhammadiyah Balayuda, pernah dijadikan sebagai tujuan studi banding beberapa sekolah di Sumsel.

“Alhamdulilah Respon  Diknas Provinsi Sumatera Selatan yang di­wa­kili Pengawas Sekolah sangat mendukung dan ada berapa sekolah. Bahkan ada yang terkejut adanya Bank Mini Muhsapa seperti seperti SMK Negeri 1 Palembang” jelas Seriyani.

Baik Seriyani SPd maupun  Erik Pebriansyah, S.Pd punya tekat untuk mengembangkan Bank Mini Muhsapa terfokus pada peningkatan pelayanan terhadap Nasabah dan sosialisasi serta promosi kepada masyarakat terutama siswa baru dari SMP/MTs di kota Palembang.

Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved