Breaking News:

Gubernur Berharap ICSB Jadi Jembatan Emas Bagi Pelaku Usaha dan Pembeli

Samantha mengatakan, untuk pembinaan bagi pelaku usaha, ICSB Sumsel akan gandeng Dinas Koperasi dan UMKM dan membantu akses permodalan ke perbankan

Gubernur Berharap ICSB Jadi Jembatan Emas Bagi Pelaku Usaha dan Pembeli
jati purwanti
APLIKASI SUMSEL MALL : Gubernur Sumsel Herman Deru saat melakukan peluncuran aplikasi Sumsel Mall di Griya Agung, Kamis (21/1/2021). (SRIPOKU.COM/JATI PURWANTI)

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru meminta organisasi Indonesia Council For Small Business (ICSB) Korwil Sumsel untuk memberikan perhatian penuh bagi pelaku usaha kecil di daerah ini.

"Organisasi internasional ini harus memberikan perhatian bagi pelaku usaha kecil.

Saya harapkan Korwil ICSB Sumsel ini betul-betul menjadi jembatan emas bagi pelaku usaha yang identik dengan produsen terhadap buyer," ujar Herman Deru usai melantik Samantha Tivani Herman Deru sebagai ketua ICSB Sumsel dan peluncuran aplikasi Sumsel Mall di Griya Agung, Kamis (21/1/2021).

Menurut dia, konsumen produk pelaku usaha kecil tak hanya berasal dari orang terdekat, namun bisa saja berasal dari lokasi yang jauh bahkan hingga lintas negara.

"Saya minta ICSB Sumsel giat bertukar informasi ambil mendata karena UMKM Sumsel sekitar 600 ribuan termasuk dari kalangan petani yang termasuk pengusaha, bukan buruh tani," ujarnya.

Tak hanya itu, Deru pun berharap organisasi yang fokus pada pengembangan usaha skala kecil ini juga rutin melakukan pembinaan usaha termasuk mendapatkan permodalan.

Selain itu, harus juga menyiapkan pelatihan  untuk pelaku usaha agar dapat bersaing di pasarnya. 

"Saat ini sudah sangat mudah dengan andalkan teknologi tapi juga melahirkan persaingan.

Kompetitif jawabannya mutu dan pelayanan.

Saya minta kreativitas andalkan khazanah budaya kita untuk jangan sampai menggerus identitas kita karena modernisasi dan hanya karena mengejar agar produk laris di pasaran," tambah dia.

Sementara itu, Ketua ICSB Sumsel, Samantha Tivani Herman Deru menyebutkan, pihaknya akan segera melakukan road show ke kabupaten dan kota di Provinsi Sumsel untuk mematangkan program yang telah disusun. 

"Selain untuk membentuk pengurus di kabupaten/kota, juga akan mengunjungi pelaku usaha di daerah tersebut," ujar Samantha. 

Dia mengatakan, untuk pembinaan bagi pelaku usaha, ICSB Sumsel akan menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM dan membantu akses permodalan ke perbankan. 

"Fokus kita ke produk kerajinan meskipun kuliner lokal pun menjadi produk unggulan.

Nantinya kami ingin produk dari usaha kecil ini bisa naik kelas bahkan bisa ekspor." jelas Samantha.

Penulis: Jati Purwanti
Editor: aminuddin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved