Breaking News:

Investor Kaya Ramai-Ramai Lepas Saham Alibaba, Mendapat Tekanan Setelah Sebelumnya Dipuji

Investor kaya dunia ramai-ramai melepas saham di Alibaba Group Holding Ltd setelah regulator memulai penyelidikan dugaan praktik monopoli

ISTIMEWA
Ilustasi e-commerce Alibaba 

SRIPO.COM, BEIJING - Langkah pemerintah China memulai penyelidikan dugaan praktik monopoli raksasa internet miliarder Jack Ma, memicu investor kaya dunia melepas saham di Alibaba Group Holding Ltd.

Citigroup Inc, menyebutkan investor kaya dunia ramai-ramai melepas saham di Alibaba Group Holding Ltd setelah pemerintah China memulai penyelidikan atas dugaan praktik monopoli oleh Alibaba Group, perusahaan milik miliarder Jack Ma.

Dirilis Bloomberg, laporan Citigroup pada hari Selasa menunjukkan, sejumlah besar klien Citigroup yang sangat kaya dari kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika memutuskan untuk keluar dari kepemilikan mereka di perusahaan e-commerce terbesar China pada bulan Desember, setelah laporan penyelidikan praktek monopoli muncul.

Disebutkan juga, pasar saham China sebelumnya menarik arus masuk yang signifikan dari pelanggan terkaya perusahaan pada paruh kedua tahun ini.

Kalau sebelumnya telah dipuji sebagai pendorong kemakmuran ekonomi dan simbol kecakapan teknologi negara, Alibaba dan saingannya termasuk Tencent Holdings Ltd kini menghadapi tekanan yang meningkat dari regulator China setelah mengumpulkan ratusan juta pengguna dan mendapatkan pengaruh atas hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari di China.

Sementara rencana penawaran umum perdana senilai US$ 35 miliar dari perusahaan pembayaran yang berafiliasi dengan Alibaba, Ant Group Co, tiba-tiba dihentikan tahun lalu.

Diberitakan oleh Bloomberg, Bank sentral China mengatakan pada minggu lalu bahwa Ant Group sedang mengerjakan jadwal untuk merombak bisnisnya sambil memastikan operasi terus berlanjut, menggarisbawahi tekad untuk mengendalikan bisnis Ma.

Bloomberg menyebutkan, Billionaires Index, Ant Group menghasilkan lebih dari seperempat kekayaan Ma senilai US$ 52,9 miliar.

Saham Alibaba melonjak sebanyak 11% dalam perdagangan Hong Kong pada hari Rabu (20/1/2021)ketika Ma tiba-tiba muncul kembali untuk pertama kalinya sejak awal November, di tengah penyelidikan pemerintah terhadap Ant dan Alibaba.

Menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, Ma berbicara sebagai pengajar melalui siaran langsung selama acara tahunan yang dia selenggarakan untuk pendidik pedesaan. Hal ini membantu memadamkan rumor tentang nasibnya.

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul https://internasional.kontan.co.id/news/orang-kaya-dunia-ramai-ramai-tarik-dana-dari-alibaba

Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved