Breaking News:

Virus Corona di Palembang

Herbal Lianhua Qingwen Capsules Diburu, BPOM Palembang Ingatkan, Khasiatnya Bukan untuk Obat Corona

Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, banyaknya produk herbal yang mengklaim dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

kompas.com
virus-corona- 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, banyaknya produk herbal yang mengklaim dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Sehingga masyarakat pun banyak yang mencari produk herbal tersebut di pasaran.

Salah satu produk herbal yang banyak dicari adalah Lianhua Qingwen Capsules, obat tradisional yang marak beredar di tengah masyarakat.

Produk tersebut sudah mendapatkan izin edar dari BPOM, dengan khasiat dapat membantu meredakan panas dalam, yang disertai tenggorokan kering dan membantu meredakan batuk.

Namun sayangnya, produk tersebut banyak dipalsukan dan ilegal, sehingga banyak masyarakat yang membeli tidak sesuai dengan aturan pakai dan tanpa resep dokter.

Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palembang, Yosef Dwi Irwan mengatakan bahwa sejauh ini produk Lianhua Qingwen Capsules memang banyak dicari masyakat.

BPOM mengeluarkan surat izin edar di Indonesia produk tersebut terdaftar dengan Nomor Izin Edar (NIE) T1144348471 dan pemilik atas nama PT. Intra Aries.

Dia menegaskan bahwa BPOM belum pernah mengeluarkan persetujuan untuk obat herbal dengan indikasi mengobati Covid-19, termasuk untuk obat tradisional Lianhua Qingwen Capsules.

"Obat itu manfaatnya yang disetujui untuk meredakan sakit tenggorokan, panas dalam dan batuk, tidak boleh klaimnya untuk mengobati Covid-19," ujarnya Kamis (21/1/2021).

Halaman
123
Penulis: maya citra rosa
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved