Breaking News:

Musnahkan Ratusan Knalpot Bising, Cara Polrestabes Palembang atasi Keresahan Masyarakat di Jalanan

Dalam dua bulan terakhir Polrestabes Palembang berhasil mengamankan ratusan knalpot racing dari berbagai motor lalu dimusnahkan

SRIPOKU.COM/Andi Wijaya
Dalam dua bulan terakhir Polrestabes Palembang berhasil mengamankan ratusan knalpot racing dari berbagai motor lalu dimusnahkan 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dalam dua bulan terakhir Satuan Lalu Lintas (Lantas) Polrestabes Palembang berhasil mengamankan 210 knalpot racing yang telah di lepas dari motor dan 120 knalpot yang belum di lepas dari motor, dari berbagai motor yang berhasil di tilang dalam giat rutin razia yang dilakukan. 

Barang bukti (BB) ratusan knalpot berharga Juataan ini di musnahkan, dengan cara dilas dan dipotong mengunakan Grindo menjadi berbagai potongan sehingga tidak bisa digunakan kembali. 

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra menuturkan, ratusan knalpot racing yang diamankan oleh Lantas Polrestabes Palembang, berawal dari banyaknya laporan keluhan masyarakat. 

"Bunyi suara knalpot racing ini menggangu kenyamanan masyarakat, terutama bunyinya yang membuat sakit telinga, maka dari itu dalam 2 bulan terakhir Satlantas di back up satuan lain Polrestabes Palembang melakukan operasi penertiban sifatnya razia atau hunting," katanya dalam ungkap kasus di aula Mapolrestabes Palembang, Selasa (19/1).

Lanjutnya, sasaran operasi sendiri kendaraan yang kebut-kebutan, dan penggunaan knalpot yang tidak sesuai ketentuan.

"Dalam dua Minggu pertama penindakan ditiadakan tilang, jadi pemilik bisa mengambil di Polrestabes Palembang dengan membawa knalpot aslinya, di Minggu ke tiga kita menerapkan tilang, dan kebanyak pemilik anak-anak muda yang menggunakan knalpot ini," kata Irvan.

Baca juga: Hati-hati Tak Pakai Masker Diminta Putar balik, Satgas Covid-19 PALI Gencar Gelar Operasi Yustisi

Baca juga: Tolak Divaksin Ribka Tjiptaning Dipindahkan ke Komisi VII DPR, Disambut Pantun Tifatul Sembiring

Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polrestabes Palembang, Kompol M Yakin Rusdi mengatakan, knalpot racing yang sebanyak 210 sudah dilepas dari kendaraan dan 120 yang masih menempel di kendaraan diamankan dalam dua bulan terakhir. 

"Untuk saat ini ada 210 knalpot yang akan kita musnahkan dan nanti dua bulan kedepan akan di rilis kembali jumlah knalpot yang akan di Musnahkan," ungkap Yakin.

Lanjutnya, pengguna kendaraan harus mengganti knalpot racing dengan standar, dan membuat surat pernyataan tidak melakukan kebutan dijalanan menggunakan knalpot racing, dan knalpot racing yang diamankan akan di musnahkan.

"Himbauan kepada masyarakat Palembang untuk tidak lagi menggunakan knalpot racing, dan apalagi saat ini kita sedang konsentrasi dengan keadaan dimasa Covid-19."

"Karena knalpot racing ini, mengganggu kenyamanan masyarakat, selain itu kita mendapat banyak laporan dari masyarakat baik melalui SMS maupun telpon, jadi dihimbau jangan lagi menggunakan knalpot racing karena kami akan setiap hari akan mencari pengendara yang menggunakannya," tutupnya. 

Penulis: Andi Wijaya
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved