Breaking News:

Anda Keluarga Penerima Manfaat dari PKH ? Ini Syarat untuk Mendapatkan Bantuan Modal 3.5 Juta

Mereka yang akan menerima bantuan ini adalah mereka yang sudah graduasi karena komponennya tak terpenuhi namun masih masuk dalam kategori miskin dan r

SRIPOKU.COM/Mat Bodok
Penjual daging sapi dan Ayam Potong di Pasar Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin saat melayani para pembeli. 

SRIPOKU.COM -- Keluarga Penerima Manfaat dari Program Keluarga Harapan (KPM PKH) yang akan graduasiakan menerika bantuan dari program pemberdayaan yang akan segera diluncurkan oleh Kementrian Sosial.

Mereka yang akan menerima bantuan ini adalah mereka yang sudah graduasi karena komponennya tak terpenuhi namun masih masuk dalam kategori miskin dan rentan miskin.

Modal usaha sebesar Rp. 3.5 juta akan diberikan oleh Kemensos untuk setiap KPM agar bisa dimanfaatkan untuk bisa mengembangkan usahanya.

Dikutip dari Kompas.com, Staf Ahli Menteri Bidang Perubahan dan Dinamika Sosial Adhy Karyono mengatakan, program ini diberi nama program kewirausahaan sosial (Prokus).

Pak Ujang tetap berjualan Nasi Padang dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya semata agar usahanya tetap bisa berjalan.
Pak Ujang tetap berjualan Nasi Padang dengan harga yang lebih murah dari sebelumnya semata agar usahanya tetap bisa berjalan. (SRIPOKU.COM/PAIRAT)

===

Bentuk Bantuan

Akan tetapi, Adhy menjelaskan tak semua KPM PKH bisa mendapatkan bantuan melalui program tersebut.

"Selektif dengan prioritas untuk keluarga yang sudah mempunyai rintisan usaha ultra mikro dan atau yang punya potensi untuk merintis usaha," kata Adhy kepada Kompas.com, Sabtu (16/1/2021). "Jadi jelas tidak semua, hanya yang punya kriteria tadi," sambungnya.

Menurutnya, bentuk bantuan berupa bimbingan konsultasi bisnis, pendampingan sosial, dan bantuan modal usaha jika dibutuhkan.

Untuk tahun ini, jelas Ady, Prokus akan bekerja sama dengan lembaga pusat inkubasi bisnis dan perguruan tinggi.

Halaman
123
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved