Breaking News:

Arief Budiman Dipecat Sebagai Ketua KPU RI, KPU Sumsel Serba Salah: Semoga Tetap Kompak

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan untuk memberhentikan Arief Budiman dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum RI.

KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
Ketua KPU Arief Budiman memberi keterangan pers usai bertemu pimpinan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (8/1/2020). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan untuk memberhentikan Arief Budiman dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas kasus pemberhentian Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik.

Putusan itu dibacakan dalam sidang DKPP yang digelar pada Rabu (13/1/2021) dan disiarkan secara daring.

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir, dan pemberhentian dari jabatan Ketua KPU kepada teradu Arief Budiman selaku Ketua KPU sejak putusan ini dibacakan," kata Ketua DKPP Muhammad.

Menyikapi hal tersebut Plh Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin mengatakan, bukan kapasitas mereka untuk mengomentari putusan DKPP RI tersebut, mengingat KPU RI adalah jajaran lebih tinggi dari pihaknya di tingkat provinsi.

Baca juga: Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 Digelar di Pasar Baru Baturaja, Warga Mulai Sadar 3M

"Serba salah kita menyikapinya. Kami cuma bisa mendoakan, semoga pimpinan KPU RI tetap kompak, dan dapat mengambil langkah tepat untuk menindak lanjuti putusan DKPP ini," kata Amrah, Rabu (13/1/2021).

Komisioner KPU Sumsel divisi Hukum dan Pengawasan, Hepriyadi, menambahkan adanya putusan DKPP RI yang memecat Arief Budiman selaku Ketua KPU RI, bukanlah dalam artian memberhentian Arief sebagai pimpinan atau komisioner KPU RI.

"Sebenarnya bukan ranah kami mengomentarinya, putusan itu hanya memecat sebagai ketua, tapi beliau tetap sebagai komisioner," terangnya.

Sebelumnya, DKPP memutuskan untuk memberhentikan Arief Budiman dari jabatannya sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas kasus pemberhentian Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik.

Putusan itu dibacakan dalam sidang DKPP yang digelar pada Rabu (13/1/2021) dan disiarkan secara daring.

"Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir, dan pemberhentian dari jabatan Ketua KPU kepada teradu Arief Budiman selaku Ketua KPU sejak putusan ini dibacakan," kata Ketua DKPP Muhammad.

Baca juga: RION Kejar Waktu Pilih Naik Pesawat, Kami Jalan Darat: Satu Tim Lolos dari Musibah Sriwijaya Air

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved