Breaking News:

Seni Membuat Akuarium Dengan Tanaman Hias, Begini Cara Mudah Membuat Aquascape Dari Para Ahli

Pandemi Covid-19 yang masih melanda tanah air membuat sejumlah hobi baru bermunculan, salah satunya Aquascape

Tribun Sumsel/Tatik
Sansan juri kontes Aquascape menjelaskan cara membuat Aquascape yang baik dan benar sesuai kocek. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pandemi Covid-19 yang masih melanda tanah air membuat sejumlah hobi baru bermunculan, salah satunya Aquascape, seni membuat akurium dengan tanaman asli ini mulai digemari sejak tahun lalu hingga sekarang.

Beragam kontes dan pameran hobi Aquascape kerap digelar komunitas ini dia sejumlah mall hingga pusat perbelanjaan lainnya untuk mengakomodir keinginan pecinta Aquascape menambah ilmu hingga menambah koleksi yang mereka miliki.

Sansan zo, penggiat Aquascape Palembang yang juga juri Aquascape yang digelar di Palembang Indah Mall (PIM) membagikan tips membuat Aquascape agar bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pemula sekali pun.

Sansan mengatakan, Aquascape adalah seni merangkai aqurium hidup sehingga tidak bisa diukur dari harga, nilai, dan berapa lama membuatnya sebab seni memiliki arti dan makna berbeda untuk masing-masing orang.

Harga Aquascape yang dibuat oleh pemula, master hingga penggiat Aquascape juara dunia jelas harganya pasti berbeda antara satu dengan lainnya.

Selain itu, peralatan, ukuran, bahan hingga jenis ikan yang menjadi isi Aquascape juga menentukan nilai Aquascape itu sendiri sebab semuanya saling berkaitan.

Baca juga: Kisah Rion, Korban Sriwijaya Air SJ182, Dipindahtugaskan ke Pontianak 3 bulan Hanya Bawa Baju Putih

Baca juga: Ada Warganya Jadi Korban Pesawat Jatuh di Pulau Seribu, Bupati OI Lakukan Hal Ini

Baca juga: Video Aspal Mengelupas, Jalan Arah Perumdam KM 7, Warga Geram, Komentar Kepala Dinas PUPR Palembang

Untuk membuat Aquascape langkah pertama yang dilakukan yakni membuat dulu konsep Aquascape yang akan dibuat, selanjutnya sesuaian dengan budget yang diinginkan sebab budget menentukan ekosistem Aquascape yang akan dibuat nantinya.

"Setelah menentukan tema yang akan dibuat barulah kemudian membeli peralatan yang diperlukan, mintalah rekomendasi dari toko Aquascape untuk menunjukkan beberapa barang yang diperlukan untuk membuat bentuk awal Aquascape mulai dari kaca dan kayu, batuan dan bahan dasar lainnya.

Jika rangkaian dasar sudah jadi, jangan lupa memfotonya untuk menjaid dokumentasi dan melihat apakah hasilnya sudah sesuai dengan keinginan baik keseimbangannya dan komposisinya.

Jika basic Aquascape sudah selesai, jangan lupa untuk merendam nya terlebih dahulu agar Tanin atau zat kuning pada kayu hilang sesuai dengan jenis kayu yang dipakai membuat dasar Aquascape. Tujuan perendaman ini agar nanti air untuk Aquascape jernih dan tumbuhan juga ikan dan ekosistem lainnya bisa tumbuh sehat.

Halaman
12
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved