Breaking News:

Tiba di Sumsel Vaksin Sinovac Dijaga Brimob 24 Jam, Suhu Harus 2 Derajat Celcius

Lesty menghimbau, bagi yang sudah menerima SMS blast silakan diisi, karena itu nanti untuk menentukan tempat fasilitas kesehatannya.

Editor: Soegeng Haryadi
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Vaksin Sinovac telah tiba di gudang penyimpanan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel yang dijaga Brimob bersenjata laras panjang di jalan Mayor Salim Batubara Sekip Pangkal Palembang, Senin (4/1/2021) pagi. 

PALEMBANG, SRIPO -- Sebanyak 30 ribu dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel jalan Mayor Salim Batubara Sekip Pangkal Palembang, Senin (4/1/2021) pagi.

Puluhan anggota Brimob mengawal ketat 16 dus besar vaksin Covid-19 tersebut sampai ke gudang penyimpanan. Sebelum nantinya didistribusikan ke kabupaten/kota di Sumsel, vaksin virus corona itu akan dijaga ketat oleh anggota Brimob Polda Sumsel selama 24 jam.

Setibanya di gudang penyimpanan, vaksin tersebut langsung dipindahkan ke dalam box pendingin berwarna biru dengan temperatur suhu 2-8 derajat celcius.

Baca juga: Walikota Palembang Soal Vaksin Sinovac: Tak Perlu Khawatir

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini menjelaskan seluruh daerah bakal penerima vaksin Covid-19 telah menyiapkan sarana prasarana penyimpanan vaksin dengan baik. Pada saat pendistribusian vaksin akan disimpan ke dalam suhu 2-8 derajat celcius.

"Suhunya minimal 2 derajat celcius. Hal ini dilakukan agar kualitas vaksin tetap terjaga dan berkualitas pada saat pendistribusian kepada penerima," katanya.

Ia mengungkapkan, distribusi vaksin sinovac ini dijadwalkan selama tiga hari ke 7 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel yaitu Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Ogan Ilir (OI), Pali, Palembang dan Prabumulih. Untuk pendistribusian ke daerah penerima Dinkes Sumsel masih berkordinasi dengan pusat terkait jadwal pastinya.

Baca juga: Gubernur Sumsel Siap Divaksin Pertama, Ahli Mikrobiologi: Jangan Disuntikan Dulu Tunggu 3 Protap

Adapun rincian pembagian vaksin yakni, OKI mendapatkan 3.328 dosis, Muba mendapatkan 3.128 dosis, Banyuasin mendapatkan 2.853 dosis, OI mendapatkan 2.328 dosis, PALI mendapatkan 1.328 dosis, Palembang mendapatkan 14.080 dosisdan Prabumulih mendapatkan 2.816 dosis.

"Daerah penerima vaksin memang sesuai sasaran kita. Untuk tahap pertama ini kita masih menunggu petunjuk pusat, rencananya hari ini tetap tidak jadi," jelas Lesty.

Lesty menyebut, untuk tahap pertama prioritas pemberian vaksin akan diutamakan terhadaptenaga kesehatan (Nakes), kemudian menyusul kelompok lainnya. Untuk saat ini total tenaga medis yang bakal diberikan vaksin ada 58.840 orang.

"Namun tenaga non medis kan juga masih banyak seperti administrasi, sopir, dan lain-lain yang termasuk berisiko.Mereka itu disebut sumber daya manusia (SDM) kesehatan," ungkapnya.

Baca juga: Curhat Seorang Nakes di Prabumulih Jika Nanti Divaksin: Takut tapi Siapa Lagi yang Akan Jadi Contoh

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved