Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Indonesia Darurat Virus Coorna, RS di Sembilan Provinsi Ini Nyaris Tak Bisa Tampung Pasien Covid-19

Indonesia darurat Virus Corona lantaran pertumbuhan angka kasus Covid-19 di Indonesia dari hari ke hari semakin tidak terbendung.

SRIPOKU.COM/MAYA CITRA ROSA
Ilustrai merawat pasien Covid-19. 

SRIPOKU.COM - Indonesia darurat Virus Corona lantaran pertumbuhan angka kasus Covid-19 di Indonesia dari hari ke hari semakin tidak terbendung.

Sejak era new normal diterapkan pemerintah Republik Indonesia di pertengahan tahun 2020 ditambah dengan sejumlah momen libur dan cuti bersama, pertumbuhan kasus Virus Corona ini per harinya terus saja bertambah.

Saking signifikannya, sejumlah provinsi dikabarkan hampir tidak bisa menampung pasien baru karena kapasitas rumah sakit yang hampir penuh.

Tak salah jika Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia menyatakan status Indonesia kini darurat Covid-19.

Baca juga: PERGi Bawa Sepeda, Pulang Naik Motor, Anak Ditinggalkan di Jalan: Tergiur Lihat Stang tak Terkunci

Sebelumnya diberitakan, jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah, bahkan dalam sehari melampaui 6.000 orang.

Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah, hingga Selasa (5/1/2021) ada penambahan 7.445 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 779.548 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia, Wiku Adisasmito, mengatakan saat ini ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU untuk menangani pasien Covid-19 semakin menipis.

Hal ini, menurut dia, menjadi alarm bagi masyarakat bahwa kondisi pandemi di Indonesia sudah darurat.

Baca juga: Ide Menu Sarapan Besok, Nasi Goreng Bayam Gulung, Dijamin Enak dan Praktis 30 Menit Selesai

"Kondisi keterisian tempat tidur di ruang ICU maupun ruang isolasi di RS jika dilihat secara nasional ini semakin meningkat dan mengkhawatirkan," ujar Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/1/2021).

Halaman
12
Editor: Refly Permana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved