Breaking News:

Di Pekan Pertama 2021, Harga Karet di OKI Stabil, Petani Berharap Tembus Rp 10.000 per Satu Kilogram

Dengan pekerjaan yang telah digeluti selama 5 tahun terakhir, Kholis mengaku lebih bersemangat menyambut kenaikan harga karet di tahun 2020 yang lalu

tribun sumsel
MENYADAP KARET : Kholis warga Desa Tanjung Sari, Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir saat sedang menyadap kebun karet miliknya, Senin (4/1/2020). (SRIPOKU.COM/NANDO ZEIN) 

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG - Harga jual komoditi tanaman karet di Bumi Bende Seguguk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masih cukup stabil di awal pekan tahun 2021.

Potensi harga jual ini disambut baik oleh para petani.

Masyarakat pun berharap dalam waktu dekat harga getah karet per satu kilogram bisa di atas Rp 10.000.

"Kami para petani yang menggantungkan hidup dari usaha kebun karet berharap di tahun 2021 ini harga karet lebih melambung dari tahun lalu yang dikisaran harga di bawah sepuluh ribu perkilonya," ujar Kholis, warga Desa Tanjung Sari, Kecamatan Lempuing Jaya, Senin (4/1/2020).

Dengan pekerjaan yang telah digeluti selama kurun waktu 5 tahun terakhir, Kholis mengungkapkan lebih bersemangat menyambut kenaikan harga karet di tahun 2020 lalu.

"Pokoknya dari bulan Agustus hingga akhir Desember lalu harganya berangsur - angsur naik dan untuk saat ini harga karet basah disini menembus angka Rp 9.000 perkilo dari yang sebelumnya hanya Rp 5.000 ," katanya.

Diceritakannya, rata - rata hasil yang diperoleh dari satu hektar kebun miliknya setiap satu minggu yakni sekitar satu kwintal (100 Kilogram).

Total pendapatan sekitar Rp. 900.000  dalam sekali jual.

"Dengan kenaikan harga tersebut tentunya sangat membantu perekonomian saya dan petani lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Aris Panani menyampaikan data menjelang penutupan tahun harga karet masih stabil dan cenderung fluktuatif.

Halaman
12
Editor: aminuddin
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved