Breaking News:

Pakar IPB Ungkap Manfaat Kecombrang & Daun Jambu Monyet, Ternyata Bisa Hambat Replikasi Covid-19

Diantara sayuran dan rempah-rempah lokal yang bisa menghambat virus Corona yakni Kecombrang dan jambu mete atau yang dikenal dengan jambu monyet.

Editor: Yandi Triansyah
Grid /Felixia Amanda
Kacang mete berasal dari pohon jambu monyet 

SRIPOKU.COM - Konsumsi sayuran dan rempah lokal dinilai dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan Covid-19.

Diantara sayuran dan rempah-rempah lokal yang bisa menghambat virus Corona yakni Kecombrang dan jambu mete atau yang dikenal dengan jambu monyet.

Hal ini diungkapkan oleh Dosen IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Nancy Dewi Yuliana.

Hal tersebut dipaparkan dalam webinar Program Guru Besar IPB Mengabdi yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bekerja sama dengan Asosiasi Profesor Indonesia (API).

Ia mengatakan, sayur dan rempah lokal Indonesia berpotensi sebagai immuno stimulan.

Ia menyebut, beberapa temuan penelitian mengungkap bahwa diet atau jenis makanan yang dimakan dapat berpengaruh pada sistem imun tubuh utamanya pada sel-sel yang berperan dalam menangkal patogen.

Konsumsi sayur dan rempah-rempah lokal dinilai dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan Covid-19.

Kecombrang dan jambu mete

Beberapa jenis rempah lokal yang dapat berpotensi sebagai immuno stimulant, lanjut dia, yakni kecombrang dan daun jambu mete.

Analisis metabolomik berbasis GC-MS dilakukan untuk melihat aktivitas senyawa dalam rempah yang dapat membantu dalam menghambat replikasi virus SARS-Cov2.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved