Breaking News:

Dari 99 Laporan yang Ditindak lanjuti, 70 Persen Dapat Diselesaikan Ombudsman RI Perwakilan Sumsel

Terdiri dari sebanyak 99 laporan diterima bagian Pemeriksaan untuk ditindaklanjuti, dan sebanyak 65 konsultasi dicatat sebagai Konsultasi non laporan

Penulis: maya citra rosa | Editor: aminuddin

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Selama tahun 2020 banyak akses pelayanan publik yang terhambat akibat pandemi Covid-19 dan menjadi catatan bagi Ombudsman RI Perwakilan Sumsel. 

Hal ini karena beralihnya sebagian besar pelayanan publik dari sistem pelayanan offline menjadi online. 

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, M Adrian Agustiansyah, SH, MH mengatakan, Ombudsman RI Perwakilan Sumsel menerima sebanyak 164 laporan atau aduan masyarakat.

Terdiri dari sebanyak 99 laporan diterima dibagian Pemeriksaan untuk ditindaklanjuti, dan sebanyak 65 konsultasi dicatat sebagai Konsultasi non laporan.  

"Dari 99 laporan yang layak ditindak lanjuti, dapaf diselesaikan sebanyak 70 persen," ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis (31/12/2020).

Menurut Adrian, ada dua kasus pelayanan publik yang menarik perhatian masyarakat Sumsel terjadi pada tahun 2020.

Pertama, kasus yang terjadi pada bulan Mei 2020, publik Sumatera Selatan di kejutkan dengan beredarnya informasi adanya pemberhentian 109 tenaga kesehatan yang mendadak dilakukan oleh Bupati Ogan Ilir di Kabupaten Ogan Ilir.

Pemberhentian tersebut dilakukan di tengah kurangnya tenaga kesehatan untuk menangani pandemi Covid-19 di Sumsel.

Merespon keresahan publik tersebut, Ombudsman RI Perwakilan Sumsel melakukan inisiatif investigasi, mulai dari melakukan pemeriksaan saksi korban hingga kepada bupati Ogan ilir sampai juga pada pemeriksaan lapangan.

"Hasilnya Ombudsman berkesimpulan telah terjadi Tindakan Maladministrasi yang dilakukan oleh Bupati Ogan Ilir dan Direktur RSUD Ogan Ilir dalam hal memberhentikan tenaga kesehatan tersebut," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved