Breaking News:

BSB Gandeng BNI Kelola Dana Pensiun Pegawai

Hingga saat ini ada sekitar 3.663 instansi dan 815.703 peserta yang sudah bekerja sama. Dana yang terkumpul dan dikelola sebesar Rp 21,94 Triliun.

BSB Gandeng BNI Kelola Dana Pensiun Pegawai
ist
PPIP : Bank BNI bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel (BSB) mengenai Layanan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) bagi karyawan Bank Sumsel Babel, Selasa (29/12/2020).(SRIPOKU.COM/IST)

SRIPOKU. COM, PALEMBANG - Pemimpin BNI Kantor Wilayah Palembang, Sunarna Eka Nugraha mengatakan, kondisi lansia di Indonesia dari sekitar 25 juta jiwa, hanya 5% saja yang mempunyai program pensiun, atau bisa dikatakan 9 dari 10 orang belum siap pensiun.

Jika dilihat dari Tingkat Penghasilan Pensiun (TPP) yang diperlukan untuk mempertahankan hidup 70%, setelah dikurangi Program Pensiun Wajib yang diikuti karyawan sebesar 30%, maka masih terdapat GAP TPP sekitar 40%.

Mengingat tantangan itu, diperlukan upaya serius terhadap kondisi ini dan mulai melakukan perencanaan pensiun dalam rangka peningkatan kesejahteraan pegawai.

Menurutnya, kunci keberhasilan dari perencanaan pensiun tentunya momentum waktu, dimana semakin dini mengikuti program pensiun, maka dengan iuran yang lebih kecil dana yang terkumpul akan lebih besar.

Bank Sumsel Babel sendiri menunjuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BNI untuk menyimpan dan mengelola dana program pensiun Bank Sumsel Babel demi mencapai kesejahteraan bagi pegawainya.

Secara nasional BNI sudah mengelola dana pensiun dari berbagai instansi pemerintah hingga perusahaan sejak 5 Juli 1994.

Hingga saat ini sekitar 3.663 instansi dan 815.703 peserta yang sudah bekerja sama.

Dana yang terkumpul dan dikelola sebesar Rp 21,94 Triliun.

Sedangkan peserta yang dikelola BNI Wilayah Palembang sebesar 29.948 orang dan 522 milyar dari data November 2020.

"Sampai dengan saat ini DPLK BNI merupakan market leader di Industri DPLK dengan market share tahun 2019 sebesar 25,77% dari 24 penyelenggara DPLK," ujar Eka di sela MOU Bank BNI bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel (BSB) mengenai Layanan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) bagi karyawan Bank Sumsel Babel, Selasa (29/12/2020).

Sunarna berharap kerja sama ini dapat membantu perencanaan program pensiun atau pesangon di PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung secara lebih optimal.

Sementara itu, Direktur Operasional BSB, Oktiandi mengatakan, Bank Sumsel Babel menunjuk DPLK BNI untuk menyimpan dan mengelola dana program pensiun Bank Sumsel Babel demi mencapai kesejahteraan bagi pegawainya.

"Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan kepada BNI atas kerjasama yang terjalin khususnya dalam pengelolaan dana pensiun iuran pasti pegawai Bank Sumsel Babel dan berharap semoga kerjasama ini dapat berlanjut,” ujar Oktiandi dalam sambutannya," tutupnya.

Editor: aminuddin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved