Breaking News:

Cerita Petugas Pemakaman Covid-19 di Lubuklinggau, Pulang Ke Rumah Langsung Mandi Air Panas

Kasi Ops DPKPB Kota Lubuklinggau Mahali, bercerita ketika awal-awal memakamkan pasien Covid-19 dirinya bersama rekan-rekannya sempat was-was.

Editor: RM. Resha A.U
TRIBUNSUMSEL.COM/Eko Hepronis
Pemakaman yang menggunakan standar protokoler kesehatan. 

SRIPOKU.COM, LUBUKLINGGAU -- Selain petugas medis, masih ada petugas lain yang terkait dalam perjuangan di balik pandemi Covid-19.

Ada petugas pengantar, hingga dan pengubur jenazah yang berjuang tanpa lelah.

Kisah mereka menjemput jenazah Covid-19 di ruang jenazah rumah sakit dan membawanya ke TPU, lalu mengubur kadang tak terpublikasikan.

Baca juga: Alat Deteksi Covid dari UGM Dapat Izin Edar, Tarif Tes Rp 25 Ribu Hasil 2 Menit

Baca juga: Tak Perlu Ditakuti Varian Baru Covid-19: Prof Yuwono: Virulensi Rendah

Di Kota Lubuklinggau Sumsel, ada seorang petugas yang memakamkan pasien Covid-19 di staf Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana (DPKPB).

Dalam menjalankan tugasnya, DPKPB secara bergiliran dengan anggota Polres Lubuklinggau dan anggota Kodim 0406 MLM yang telah ditunjuk langsung oleh Satgas Covid-19 kota ini.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, kota berjuluk Sebiduk Semare ini telah menyiapkan lahan khusus di TPU Lestari, Kecamatan Lubuklinggau Timur II sebagai lokasi pemakaman khusus jenazah Covid-19.

Salah satu petugas yang biasa terlibat dalam prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19 ini salah satunya Kasi Ops DPKPB Kota Lubuklinggau Mahali.

Baca juga: Pemerintah Cairkan Dana Insentif 5 Januari 2021, Bagi Yang Belum Terima Bulan Desember 2020

Mahali mengaku sejak pertama kali awal pandemi Covid-19 hingga akhir Desember tahun ini tim gabungan sudah memakamkan 50 pasien Covid-19.

Angka kematian kasus Covid-19 di Kota Lubuklinggau ini merupakan kasus kematian terbesar kedua di provinsi Sumatera Selatan setelah Kota Palembang.

"Jumlahnya yang sudah kami makamkan melalui protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 sudah 50 lebih," ungkap Mahali, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Perawat-Pasien Covid Mesum di Kamar Mandi, Terbongkar dari Chat di Medsos

Halaman
12
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved