Breaking News:

Bibit Berkualitas Berawal Dari Penyediaan Tempat Tumbuh Yang Baik Penyokong Lestari 

Salah satu upaya pembangunan hijau itu adalah Program pembangunan HTI yang digulirkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Editor: Salman Rasyidin
ist
Green house sebagai tempat area proses pembentukan akar eucalyptus cutting. 

Oleh: Dodi Gultom

Praktisi Nursery di Palembang

Salah satu upaya pembangunan hijau itu adalah Program pembangunan Hutan Tanaman In­dustri (HTI) yang telah digulirkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (du­lu kementrian kehutanan) sejak tahun 1980.

Dalam proyeksi rencana jangka panjang di­tar­­get­kan pembangunan HTI harus dicapai seluas 4,4 juta hektar.

Secara prinsip pengelolaan HTI me­­ru­pakan bentuk pengelolaan hutan yang terpadu karena dikembangkan melalui pertim­ba­ng­an berbagai aspek pengelolaan seperti aspek kelestarian.

Sehingga dapat me­nun­jang terca­pai­nya realisasi kelestarian (keberlanjutan) hutan dan juga dapat membantu me­ning­katkan ke­sejahteraan masyarakat secara nyata.

Pengelolaan sumber daya hutan yang berkelanjutan pada dasarnya adalah pengelolaan hutan yang terencana.

Artinya, pada setiap level dan bentuk pengelolaan sumber daya hutan harus di­kelola berdasarkan suatu rencana pengelolaan yang mengarah kepada pemanfaatan secara me­nyeluruh, rasional, optimal, sesuai daya dukung.

Hal itu tidak semata-mata berorientasi ke­pa­­da pemanfaatan masa kini, tetapi juga untuk menjamin kelangsungan kehidupan di masa de­pan atau sustainable Forest Management.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka pembangunan hutan tanaman sebagai peng­hasil kayu baik untuk industri, pertukangan, kayu energi dan lain-lain harus ditingkatkan baik dengan penambahan luas hutan tanaman maupun penggunaan materi tanaman unggul hasil pe­muliaan.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved