Breaking News:

Bibit Berkualitas Berawal Dari Penyediaan Tempat Tumbuh Yang Baik Penyokong Lestari 

Salah satu upaya pembangunan hijau itu adalah Program pembangunan HTI yang digulirkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

ist
Green house sebagai tempat area proses pembentukan akar eucalyptus cutting. 

Oleh: Dodi Gultom

Praktisi Nursery di Palembang

Salah satu upaya pembangunan hijau itu adalah Program pembangunan Hutan Tanaman In­dustri (HTI) yang telah digulirkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (du­lu kementrian kehutanan) sejak tahun 1980.

Dalam proyeksi rencana jangka panjang di­tar­­get­kan pembangunan HTI harus dicapai seluas 4,4 juta hektar.

Secara prinsip pengelolaan HTI me­­ru­pakan bentuk pengelolaan hutan yang terpadu karena dikembangkan melalui pertim­ba­ng­an berbagai aspek pengelolaan seperti aspek kelestarian.

Sehingga dapat me­nun­jang terca­pai­nya realisasi kelestarian (keberlanjutan) hutan dan juga dapat membantu me­ning­katkan ke­sejahteraan masyarakat secara nyata.

Pengelolaan sumber daya hutan yang berkelanjutan pada dasarnya adalah pengelolaan hutan yang terencana.

Artinya, pada setiap level dan bentuk pengelolaan sumber daya hutan harus di­kelola berdasarkan suatu rencana pengelolaan yang mengarah kepada pemanfaatan secara me­nyeluruh, rasional, optimal, sesuai daya dukung.

Hal itu tidak semata-mata berorientasi ke­pa­­da pemanfaatan masa kini, tetapi juga untuk menjamin kelangsungan kehidupan di masa de­pan atau sustainable Forest Management.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka pembangunan hutan tanaman sebagai peng­hasil kayu baik untuk industri, pertukangan, kayu energi dan lain-lain harus ditingkatkan baik dengan penambahan luas hutan tanaman maupun penggunaan materi tanaman unggul hasil pe­muliaan.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved