Breaking News:

Cium Praktik Monopoli Alibaba Group, Regulator Keuangan China Lakukan Penyelidikan

Pedagang diharuskan menandatangani pakta kerja sama eksklusif yang mencegah mereka menawarkan produk pada platform pesaing Alibaba.

ISTIMEWA
Ilustasi e-commerce Alibaba 

SRIPOKU.COM, BEIJING - Regulator keuangan China melakukan penyelidikan atas dugaan praktik monopoli oleh raksasa e-commerce Alibaba.

Otoritas Cina sebelumnya telah mengingatkan Alibaba tentang apa yang disebut praktik "memilih satu dari dua"; di mana pedagang diharuskan menandatangani pakta kerja sama eksklusif yang mencegah mereka menawarkan produk pada platform pesaing Alibaba.

"Penyelidikan telah diluncurkan terhadap praktik "memilih satu dari dua" Alibaba," kata Badan Negara untuk Pengaturan Pasar China (SAMR) dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Kamis (24/12/2020).

Pernyataan online terpisah oleh People's Bank of China pada hari Kamis (24/12/2020) menyebutkan, pihak regulator juga menjadwalkan akan bertemu dengan Ant Group, perusahaan terafiliasi Alibaba dalam beberapa hari mendatang.

"Pertemuan itu untuk memandu Ant Group menerapkan pengawasan keuangan, persaingan yang sehat dan melindungi hak dan kepentingan yang sah dari konsumen," sebut pernyataan itu.

Sementara Ant menyatakan telah menerima pemberitahuan dari regulator, dan akan mempelajari dengan serius dan secara ketat mematuhi semua persyaratan peraturan dan berkomitmen penuh untuk memenuhi semua pekerjaan terkait.

Para pembuat peraturan menjadi semakin tidak nyaman dengan kerajaan bisnis Ant yang luas, terutama bisnis kreditnya yang paling menguntungkan dan menyumbang hampir 40% dari pendapatan Ant pada paruh pertama tahun ini.

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul https://internasional.kontan.co.id/news/otoritas-china-selidiki-praktik-monopoli-alibaba

Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved