Breaking News:

TERUNGKAP satu nama Calon Kapolri, Rekam Jejak Seperti Tito dan Idham Aziz, Pilihan Presiden Jokowi?

Tetapi lebih menjadi simbol menutup polemik jenderal bintang dua ramaikan persaingan sebagai Calon Kapolri pengganti Idham Aziz

Istimewa/handout
Calon Kapolri pengganti Idham Aziz ada 3 Komjen bersaing 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Berikut fakta tentang satu nama Calon Kapolri, bahkan memiliki Rekam Jejak Seperti Tito dan Idham Aziz, benarkah calon Kapolri berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen) Senior ini, Pilihan Presiden Jokowi?

Seperti diketahui, sejumlah pengamat memprediksi, penunjukkan Irjen Pol Petrus Golose yang dipilih sebagai Kepala BNN menggantikan Komjen Heru Winarko bukannya meramaikan persaingan Calon Kapolri,

Tetapi lebih menjadi simbol menutup polemik jenderal bintang dua ramaikan persaingan sebagai Calon Kapolri pengganti Idham Aziz yang memasuki masa pensiun.

Lantas, jika peluang Jenderal Bintang Dua sudah tertutup dalam persaingan di kursi Calon Kapolri, siapakah dua sosok yang disebut-sebut akan menduduki jabatan Kapolri tersebut?

Baru-baru ini pihak IPW menyatakan bahwa, hanya dua nama yang akan ditunjuk Jokowi yakni, Komjen Senior dan Komjen junior, namun merujuk dari pengalaman, maka Komjen Senior lah yang akan dipilih oleh Presiden Jokowi.

Lantas seperti apa sosok Komjen Senior ini, hingga kini masih menjadi perdebatan, sebab banyak pihak yang memprediksi merujuk kepada pengalaman, maka sebagai rujukan penunjukan Kapolri tentu berdasarkan rekam jejak para penduhulunya.

Yakni Jokowi akan memilih sosok yang berkompeten di dua bidang penting seperti mampu menumpas aksi terorisme dan berpengalaman di bidang reserse dan kriminal, serta mampu mengatasi persoalan di Polda Metro Jaya yang menaungi kota Jakarta.

Sebab ketiga kriteria itu sangat cocok dengan situasi yang serba sulit seperti saat ini, sehingga memilih sosok berpengalaman seperti Kapolri terdahulu.

Sosok Tito Karnavian misalnya, memiliki rekam jajak di bidang anti teror atau Densus 88, kemudian bidangn reserse dan kriminal serta pernah menjabat Polda Metro Jaya, begitu pun penerusnya Jenderal Idham Aziz yang berpengalaman di bidang serupa.

Jika merujuk kepada pengalaman tersebut, maka ada 3 orang Komjen yang berpeluang, namun kemudian Jokowi melihat lagi track record sang Komisaris Jenderal sehinggga mengerucut dua nama saja.

Halaman
1234
Editor: Hendra Kusuma
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved