Breaking News:

Naik Kereta Api di Sumsel Cukup Tunjukkan Rapid Tes Antibodi

"Pelaksanaan protokol kesehatan selama angkutan Natal dan Tahun Baru di kereta api sudah berlangsung tertib dan sesuai ketentuan berlaku," ungkap Aida

SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Ilustrasi. Penumpang kereta api serelo tujuan Palembang-Lubuklinggau pada hari pertama operasi sejak masa pandemi Covid-19, Kamis (24/9/2020) 

SRIPOKU.COM,  PALEMBANG - Para penumpang kereta api jarak jauh di Sumsel tidak perlu menunjukkan hasil rapid test antigen untuk menggunakan moda transportasi tersebut selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, sesuai surat edaran dari satgas Covid-19 pusat dan surat edaran Kemenhub tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dengan transportasi perkeretaapian selama Nataru, penggunaan kereta api untuk wilayah Sumatera cukup menujukkan hasil rapid test antibodi berbeda dengan pulau Jawa yang harus menunjukkan hasil rapid test antigen bagi penumpang kereta api. 

"Untuk di kita masih rapid tes antibodi yang selama ini berlaku.

Kebijakan itu berlaku untuk seluruh Sumatera," katanya, Rabu (23/12/2020).

Menurutnya, untuk perjalanan kereta api di wilayah Sumatera Selatan penumpang menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Test Antibodi Non Reaktif atau Tes PCR Negatif Covid-19 yang berlaku 14 hari sejak tanggal diterbitkan seperti yang telah berlaku selama ini.

Bagi penumpang yang akan melakukan rapid tes antibodi, enam stasiun keberangkatan penumpang menyediakan layanan rapid tes antibodi dengan harga terjangkau, 85 ribu kerjasama PTKAI dengan PT RNI Group.

Selain itu, para penumpang KA jarak jauh juga harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. 

"Selama dalam perjalanan, pelanggan diharuskan menggunakan Face Shield dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang," tegas Aida. 

Ia menambahkan, posko angkutan Nataru telah ditetapkan mulai tanggal 18 Desember 2020- 6 Januari 2021.

PT KAI Divre III Palembang menyediakan total 14.800 tempat duduk dengan 740 tempat duduk setiap hari nya untuk kereta api Bukit Serelo rute Kertapati –Prabumulih-Muara Enim-Lahat-Tebing Tinggi sampai dengan Lubuk Linggau (PP).

Hingga hari ke 5 masa angkutan Natal tercatat 2.594 penumpang melakukan perjalanan menggunakan kereta api, dengan okupansi mencapai 70% tempat duduk yang disediakan setiap hari, dan tanggal 20 Desember kemarin mencapai 91% okupansinya.

"Pelaksanaan protokol kesehatan selama angkutan Natal dan Tahun Baru di kereta api sudah berlangsung tertib dan sesuai ketentuan berlaku," ungkap Aida.

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: aminuddin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved