Breaking News:

Gandeng Forum DAS Sumsel, PLN Tanam 600 Pohon di Kawasan JSC Jakabaring

PT PLN UIW S2JB bersama Forum DAS menggelar gowes bersama dan penanaman pohon dikawasan Jakabaring Sport City (JSC) Jakabaring.

ho/sripoku.com
Tanam Pohon - Dalam rangkaian peringatan Hari Pohon Sedunia dan Hari Menanam Pohon Indonesia, PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) bersama Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Sumatera Selatan melaksanakan gowes bersama dilanjutkan penanaman pohon di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Jakabaring. 

SRIPOKU.COM - Dalam rangkaian peringatan Hari Pohon Sedunia dan Hari Menanam Pohon Indonesia, PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB) bersama Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Sumatera Selatan melaksanakan gowes bersama dilanjutkan penanaman pohon di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Jakabaring.

Kegiatan yang bertajuk "GO-Tampil" ini diawali dengan kegiatan bersepeda secara mandiri dengan finish di JSC yang langsung dilanjutkan penanaman sebanyak 600 batang pohon di depan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komplek JSC Jakabaring yang merupakan salah satu ikon kebanggaan Kota Palembang dan Sumatera Selatan.

General Manager PLN UIW S2JB dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan bentuk nyata dukungan PLN terhadap upaya pengelolaan lingkungan yang menjadi salah satu nilai dalam Program Transformasi PLN, yaitu GREEN.

Menjadi perusahaan penyedia jasa ketenagalistrikan yang tetap memperhatikan aspek ramah lingkungan telah menjadi salah satu nilai utama PLN.

"Kami mengucapkan Terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, serta kerjasama yang baik dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Forum Daerah Aliran Sungai Sumsel, dan Manajemen JSC, sehingga GO-TAMPIL dapat terwujud pada hari ini.Dalam kegiatan hari ini, telah diawali dengan Gowes atau bersepeda, sebagai bentuk penerapan hidup sehat terutama di masa pandemi ini, "ungkap Daryono.

Gubernur Sumatera Selatan diwakili Plt. Assisten Pemerintahan dan Kesra, Dr. Drs. H. Akhmad Najib SH. M. Hum beserta jajarannya turut hadir dalam acara yang dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam sambutannya, Akhmad Najib menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dukungan PLN dalam salah satu upaya pelestarian lingkungan yakni penanaman pohon dikawasan yang telah ditetapkan sebagai destinasi wisata edukasi di Sumatera Selatan itu.

"Ini merupakan wujud dukungan kita terhadap program _"One Man One Tree"_ yang digagas oleh pemerintah. Setiap satu batang pohon yang kita tanam hari ini, merupakan warisan kita kepada anak cucu kita kelak,"papar Najib.

Pohon yang ditanam sebanyak 600 batang bibit pohon terdiri dari jenis pohon pelindung dan pohon buah-buahan. Selanjutnya, untuk memastikan pohon yang telah dianam tersebut dapat tumbuh dengan baik, PLN menggandeng para Laskar Forum DAS untuk terus melakukan pemantauan dan pemeliharaan setidaknya selama 1 tahun kedepan.

Dimana Forum DAS sudah memiliki aplikasi _Open Data Kit_ (ODK) yang merupakan aplikasi berbasis android yang bisa meng-input data lokasi, koordinat, jenis pohon dan juga dapat memantau perkembangan dari tanaman dan area yg ditanam, sehingga perkembangan pohon dapat dipantau secara _real-time_.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dipamerkan mobil listrik dan motor listrik, dimana Plt. Assisten Pemerintahan dan Kesra bersama GM PLN berkesempatan untuk mencoba secara langsung mobil listrik keluaran terbaru salah satu pabrikan mobil asal negeri ginseng. Juga dilakukan lomba memasak menggunakan kompor induksi yang diikuti oleh peserta acara.

Akhmad Najib pun menyampaikan bahwa teknologi-teknologi saat ini dan kedepannya akan berorientasi pada teknologi ramah lingkungan. Seperti kendaraan listrik yang telah digagas pemerintah sebagai terobosan dalam mengurangi tingkat emisi karbon.

PLN berharap agar kegiatan ini dapat menjadi dukungan untuk upaya pelestarian alam, mewujudkan lingkungan yang hijau dengan menginisiasi penggunaan teknologi rendah emisi serta peningkatan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Hal ini juga sekaligus sebagai dukungan PLN untuk Provinsi Sumsel dalam menyambut perhelatan akbar Piala Dunia U-20 yang salah satu lokasi nya bertempat di Gelora Sriwijaya.

Editor: Azwir Ahmad
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved