Breaking News:

Pencegahan Covid 19

Vaksin Covid-19 Gratis Tanpa Syarat untuk Masyarakat Indonesia

Pemberian vaksin Covid-19 secara gratis seharusnya diberikan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Apalagi vaksin dibiayai APBN 2021.

Editor: Sutrisman Dinah
Istimewa/handout
Ilustrasi: Ketua Satgas Pencegahan Covid-19, Doni Monardo, mengungkapkan munculnya klaster baru kerumunan massa. 

SRIPOKU.COM --- Penggagas Petisi Vaksin Covid-19 Gratis,Sulfikar Amir menegaskan bahwa vaksin diberikan kepada masyarakat Indonesia harus gratis tanpa syarat. Pemerintah harus menggratiskan vaksin anti-virus corona menggunakan anggaran negara.

Sulfikar Amir adalah, seorang Associate Professor di Nanyang Technological University (Singapura), sekaligus pakar sosiologi bencana mengapresiasi pemerintah Indonesia, yang pada akhirnya menggratiskan vaksin Covid-19.

"Apresiasi yang sebesar-besarnya, mengambil keputusan penting sangat krusial untuk menyelesaikan pandemi," kata Sulfikar Amir seperti dikutip Tribunnews, Jumat.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Gratis bagi Masyarakat Indonesia, Disambut Gembira

Baca juga: Presiden Jokowi AKhirnya Gratiskan Vaksin Covid-19, Minta Sri Mulyani Atur Anggaran

Menurut Sulfikar, semula ada wacana komersialisasi vaksin yang dinilai tidak etis. Sebab, dapat menghambat penanganan pandemi Covid-19. Sehingga program vaksin Covid-19 bisa gagal.

"Padahal (program) ini adalah harapan terakhir kita untuk menyelesaikan pandemi," katanya.

Vaksin mandiri, menurut Sulfikar, dapat menghambat dalam pelaksanaan vaksinasi secara efisien. Menurutnya, sangat krusial agar vaksin menjadi barang publik, apabila ada sekelompok orang yang jumlahnya tidak banyak tapi rentan terhadap penularan pandemi Covid-19,

"Dia akan membuat penanggulangan pandemi ini lebih lama," katanya.

Sulfikar mengharapkan, vaksin diberikan gratis tanpa syarat dan ketentuan dibelakangnya. Hal ini penting bagi Indonesia agar mencapai kekebalan komunitas (her immunity) mencapai 70 persen .

"Semua harus digratiskan oleh pemerintah. Mungkin setelah kita mencapai herd immunity, dan pandemi bisa dikendalikan mungkin baru ada program-program vaksin mandiri. Tapi setelah kita menyelesaikan krisis ini," kata Sulfikar.

Sulfikar menerangkan, menjadi pekerjaan rumah dari Pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk mengimplementasikan konsep vaksin gratis ini secara lebih nyata.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Harusnya Gratis, Sampai Dicabut Status Bencana Non Alam Nasional

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved