Breaking News:

Gojek-BCA Luncurkan GoBiz Plus, Solusi Pembayaran Non Tunai untuk UMKM

Demi mendukung UMKM untuk bangkit dan semakin maju, upaya kolaborasi dan inovasi agar pasar UMKM Indonesia semakin luas harus menjadi prioritas

ist
GOBIz PLUS : Gojek memperkenalkan solusi perangkat keras pertamanya, GoBiz PLUS berkolaborasi dengan PT Bank Central Asia, Tbk (BCA). GoBiz PLUS dirancang untuk mendukung digitalisasi UMKM dan menjadi perangkat teknologi pertama di Indonesia yang dapat menerima seluruh jenis pembayaran non tunai secara virtual, Selasa (15/12/2020). (SRIPOKU.COM/IST) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Gojek memperkenalkan solusi perangkat keras pertamanya, GoBiz PLUS berkolaborasi dengan PT Bank Central Asia, Tbk (BCA).

GoBiz PLUS dirancang untuk mendukung digitalisasi UMKM dan menjadi perangkat teknologi pertama di Indonesia yang dapat menerima seluruh jenis pembayaran non tunai.

Inovasi menjawab kebutuhan para pelaku usaha terhadap efisiensi dalam bertransaksi, serta sejalan dengan kebutuhan konsumen dan anjuran pemerintah dalam meminimalisir kontak fisik langsung dengan opsi pembayaran digital, khususnya di masa pandemi COVID-19.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan, misi Gojek dalam mendukung pertumbuhan pelaku usaha UMKM tetap sama, bahkan semakin kuat.

"Kami sadar, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Disini Gojek memiliki peranan untuk mendukung teman-teman pelaku usaha agar terus memperoleh akses untuk go-digital, terlebih di masa pandemi ini dimana masyarakat semakin mengedepankan transaksi nontunai agar dapat meminimalisir kontak fisik langsung," katanya saat peluncuran secara Virtual, Selasa (15/12/2020).

Membuka peluncuran GoBiz PLUS, Syailendra, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan mengatakan, selama masa pandemi, pelaku UMKM menghadapi tantangan besar, terutama karena daya beli masyarakat yang menurun cukup drastis.

Di sisi lain, data Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan bahwa kontribusi terhadap struktur ekonomi Indonesia itu 99 persen berasal dari UMKM dengan nilai pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) yang signifikan sebesar 60%.

Demi mendukung UMKM untuk bangkit dan semakin maju, upaya kolaborasi dan inovasi agar pasar UMKM Indonesia semakin luas harus menjadi prioritas.

Saya mengapresiasi Gojek dan BCA yang telah berkolaborasi menghadirkan inovasi untuk kemajuan UMKM melalui dukungan untuk operasional bisnis secara digital dan sistem pembayaran untuk semua di perangkat GoBiz PLUS ini.

"Peluncuran ini merupakan sebuah awal sinergi yang dapat memberi manfaat untuk meningkatkan daya saing UMKM, sekaligus mewujudkan pemenuhan target inklusi keuangan digital di Indonesia," ujarnya.

Editor: aminuddin
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved