Breaking News:

UMKM Binaan Bank BRI Tembus Pasar Global Senilai 57 Juta Dollar

Ke depannya Bank BRI berkomitmen terus menggelar acara serupa demi mendorong lebih banyak lagi pelaku UMKM Indonesia yang bisa naik kelas dan mendunia

Editor: aminuddin
tribun sumsel
UMKM BRI : Pengumuman pemenang lomba UMKM BRI EXPO 2020.(SRIPOKU.COM/IST) 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020 yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara virtual berhasil membukukan kontrak pembelian barang UMKM dengan total US$ 57,5 juta dengan 99 calon pembeli dari sejumlah negara AS, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang dan Australia.

Angka tersebut meningkat sebesar 74% dibandingkan pencapaian tahun lalu yang sebesar US$ 33 juta.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan UMKM ini adalah salah satu bukti nyata bahwa BRI telah berhasil memberdayakan UMKM binaannya dengan mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan Go Export," ungkap Sunarso, Senin (14/12/2020).

Lebih lanjut Sunarso menyampaikan BRI dapat memanfaatkan kondisi normal baru ini dengan cara kerja lebih efisien dan dapat menghasilkan pencapaian yang lebih tinggi yang ditunjukkan dengan peningkatan volume transaksi yang signifikan.

Transaksi pembelian produk-produk UMKM peserta BRI UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2020 berasal dari belanja online melalui Indonesia Mall dan pre-order tercatat meningkat signifikan melampaui angka pembelian di event yang sama tahun lalu, dari Rp 1,1 miliar pada tahun 2019 meningkat hampir 3 kali lipat menjadi Rp 3,1 miliar di tahun ini.

"Keberhasilan pencapaian BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini tidak terlepas dari upaya BRI mempromosikan produk-produk UMKM yang mengikuti ajang pameran ini.

Untuk mengenalkan berbagai produk UMKM layak ekspor, setidaknya BRI mempromosikan kegiatan ini ke 17 negara," ujar Sunarso.

Ke depannya BRI berkomitmen terus menggelar acara serupa demi mendorong lebih banyak lagi pelaku UMKM Indonesia yang bisa naik kelas dan mendunia.

Perkembangan UMKM menjadi kunci agar pertumbuhan ekonomi dan perbaikan kondisi perekonomian Indonesia bisa berjalan lebih cepat.

Kurator, Diana Nazir mengatakan, UMKM yang terpilih memasarkan produk di kegiatan ini sudah melewati tahap seleksi panjang dan profesional sehingga produk yang ditampilkan juga sudah seusai dengan standar permintaannya negeri.

Seleksi ini berlangsung dua bulan yakni Agustus dan Oktober lalu dan hasil karya UMKM ini benar-benar dinilai secara real baik produk makanan, minuman, atau produk kreatif lainnya sehingga benar-benar tahu kualitasnya dan layak go global.

Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved