Breaking News:

Dorong Anak Muda Jadi Wirausaha, BSB Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Barista

"Peserta pelatihan adalah pemuda-pemudi yang belum bekerja, hilang pekerjaan hingga putus sekolah. Usai pelatihan ini mereka bisa buka usaha sendiri."

odi aria
PELATIHAN BARISTA : Para peserta mengikuti pelatihan dan Sertifikasi Barista secara gratis yang diselenggarakan Bank Sumsel Babel (BSB) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel di Palembang Training Center di Jalan Sumatera Komplek OPI Jakabaring Palembang, Jumat (11/12/2020). (SRIPOKU.COM/ODI ARIA) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Profesi menjadi seorang barista alias  orang yang ahli dalam menyajikan minuman kopi untuk para pelanggan di kedai atau coffee shop, kini  menjadi salah satu pekerjaan yang digemari kaum milenial di kota Palembang. 

Namun demikian, para barista di coffe shop atau resto di Palembang hanya sedikit yang memiliki legalitas resmi sebagai seorang barista profesional. 

Menyikapi hal itu, Bank Sumsel Babel (BSB) bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Barista secara gratis di Palembang Training Center di Jalan Sumatera Komplek OPI Jakabaring Palembang,  Jumat (11/12/2020).

RM Rozali Anton, Pemimpin Satuan Pemasaran BSB menjelaskan, pelatihan ini digelar sebagai wujud nyata BSB sebagai bank daerah yang peduli terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat, untuk turut serta membangun dan mendorong produktivitas anak muda dalam membuka lapangan pekerjaan sebagai wirausaha dari bidang kuliner industri penjualan kopi. 

"Para peserta pelatihan ini adalah pemuda-pemudi yang belum bekerja, kehilangan pekerjaan hingga putus sekolah.

Setelah ikut pelatihan ini mereka bisa membuka usaha sendiri," katanya. 

Hj Munadjiah, Ketua Lembaga Kursus Pendidikan Palembang Training Center menambahkan, pelatihan ini digelar lantaran para barista di kota Palembang masih banyak yang belum memiliki legalitas resmi dan kesulitan pada saat ingin bekerja menjadi barista di resto atau coffe shop. 

Setelah mendapatkan sertifikat sebagai seorang barista profesional, para peserta memiliki bekal ketika hendak melamar pekerjaan sebagai barista. 

"Dengan sertifikat ini para peserta pelatihan bisa memiliki nilai jual lebih ketika akan melamar, dan akan mendapatkan gaji yang sepadan sesuai dengan legalitas dimilikinya," ungkapnya. 

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: aminuddin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved