Breaking News:

Berita Muba

Mengenal Gambo Kain Khas Musi Banyuasin, Dipakai Ketua DPR-RI Puan Maharani Saat Rayakan Hari Ibu

"Ini menunjukan bahwa tokoh-tokoh nasional sangat mencintai gambo Muba, salah satunya Ketua DPR-RI, ibu Puan Maharani," kata Thia.

Penulis: Fajeri Ramadhoni | Editor: Refly Permana
istimewa
Ketua DPR-RI, Puan Maharani, mengenakan gambo Muba pada perayaan Hari Ibu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Masyarakat Musi Banyuasin (Muba), khususnya petani gambir dan pengrajin gambo,  harus berbangga hati.

Pasalnya kerajinan batik gambo terus dilirik di kancah nasional maupun internasional dan menjadi tren fashion yang makin digandrungi.

Ini juga terlihat ketika beberapa waktu lalu Ketua DPR-RI, Puan Maharani, saat memperingati Hari Ibu ke-92, cucu mantan Presiden Soekarno itu tampak mengenakan gambo Muba dengan motif khasnya berwarna cokelat. 

Baca juga: Detik-detik Jelang Pilkada 2020 Ogan Ilir, Seorang Warga Kepergok Bawa Uang Rp 100 Ribu 10 Lembar

Seperti diketahui, Hari ibu di Indonesia adalah gerakan kebangsaan yang diawali oleh 1000 orang perempuan dari 30 organisasi pada puluhan tahun yang lalu. 

"Hari ibu Indonesia memiliki nilai perjuangan kemerdekaan dan perbaikan nasib perempuan dan peringatan atas kewajiban kaum perempuan Indonesia untuk menjadi ibu bangsa," ujar Puan, melalui siaran pers yang diterima redaksi Sripoku.com Selasa (8/12/2020). 

Bagi Puan Maharani, Hari Ibu seharusnya menjadi momentum untuk kebangkitan bangsa karena dari para Ibu-lah lahir anak-anak luar biasa. 

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG 9 Desember 2020: Wilayah Jawa Waspada Hujan Lebat

"Di masa pandemi ini juga kita kaum ibu untuk tidak henti-hentinya mengingatkan keluarga dan anak-anak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan serta menggunakan masker dan mencuci tangan," ulasnya. 

Ketua TP PKK Muba yang juga Inisiator gambo Muba, Thia Yufada Dodi Reza, mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPR-RI Puan Maharani yang telah memakai gambo Muba pada rangkaian peringatan Hari Ibu ke-92.

"Ini menunjukan bahwa tokoh-tokoh nasional sangat mencintai gambo Muba produk kain jumputan kerajinan asli warga Muba yang dibuat dari getah gambir.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved