Breaking News:

Vaksin Virus Corona

Vaksin Virus Corona Sinovac Segera Tiba di Palembang, Dinkes Palembang Data Prioritas Calon Penerima

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang kini tengah menunggu kedatangan vaksin Covid-19 ke Kota Pempek dan  mendata siapa-siapa saja calon penerima.

SILVIO AVILA / AFP
Seorang dokter menunjukkan kotak vaksin Virus Corona Covid-19 yang diproduksi oleh perusahaan China Sinovac Biotech. 

Laporan wartawan Sripoku.com,  Odi Aria

SRIPOKU.COM,  PALEMBANG - Vaksin Virus Corona atau Covid-19 buatan perusahaan farmasi asal China, Sinovac, telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020) kemarin.

Dalam gelombang pertama ini, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Virus Corona diklaim telah siap untuk disuntik.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang kini tengah menunggu kedatangan vaksin Covid-19 ke Kota Pempek dan mendata siapa-siapa saja calon penerima vaksin tersebut. 

Baca juga: Chord Lagu Jujur Aku Tak Sanggup - Pasto, Lengkap Lirik & Video, Tuhan Tolonglah Aku Kembalikan Dia

Juru Bicara Dinkes Palembang sekaligus Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (PP2M), Yudhi Setiawan,  menjelaskan tidak saja wajib uji klinis, vaksin Covid-19 yang nantinya masuk ke Palembang juga telah mendapat izin edar atau persetujuan dalam masa darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Menurutnya, jika nanti vaksin Virus Corona tiba di Palembang, Dinkes Palembang akan memprioritaskan pihak yang benar-benar membutuhkan.

Hal ini sesuai arahan dari pemerintah pusat melalui surat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seperti kelompok Lanjut Usia (Lansia)  dan masyarakat memiliki penyakit penyerta. 

"Berdasarkan rencana pelaksanaan pemerintah adalah mereka yang memiliki rentan umur lanjut usia, serta memiliki penyakit penyerta menjadi prioritas," katanya,  Selasa (8/12/2020).

Baca juga: Diduga dari Gudang Kopi, Api Hanguskan Dua Rumah di Semende Darat Laut Muaraenim, Kendaraan Terbakar

Sesuai surat yang dikeluarkan Menkes RI, Terawan Agus Putranto, vaksin Covid-19 yang boleh diberikan untuk penyintas Virus Corona yakni vaksin yang diporoduksi oleh PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc. and BioNTech, dan Sinovac Biotech Ltd.

Dalam proses pemberian vaksin Covid-19, bakal dilakukan dua tahapan.

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: Refly Permana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved