Breaking News:

Nikah di Balai Nikah MPP Langsung Bisa Ganti Status di KTP dan KK

Pasangan yang telah melangsungkan ijab kabul, kartu identitas seperti KTP -KK bisa diambil saat itu juga di MPP bertatus pernikahan sudah diperbarui

Penulis: maya citra rosa | Editor: aminuddin
Nikah di Balai Nikah MPP Langsung Bisa Ganti Status di KTP dan KK
maya citra rosa
Suasana di Mal Pelayanan Publik Kota Palembang

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Pengurusan administrasi pernikahan yang sulit saat ini bukan masalah lagi, karena pasangan yang ingin menikah dapat menggelar ijab kabulnya di Balai Nikah Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Palembang.

Pasangan yang telah melangsungkan ijab kabul, kartu identitas seperti KTP dan KK dapat langsung diambil saat itu juga di MPP dengan status pernikahan yang sudah diperbarui. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Kota Palembang, H Deri Priansyah mengatakan bahwa pernikahan di MPP pada dasarnya sama seperti menikah di Kantor Urusan Agama (KUA).

Namun jika menikah di MPP, masyarakat tidak perlu lagi repot harus ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk mengurus pemberkasan pergantian status pernikahan.

"Bagusnya menikah di Mal Pelayanan Publik, masyarakat tidak perlu lagi repot bolak-balik ke kantor disdukcapil untuk urus pemberkasan ganti status setelah menikah.

Seperti KTP dan KK bisa di-update (perbarui) secara nasional disana dan bisa diambil hari itu juga," ujarnya, saat diwawancarai Kamis (3/12/2020). 

Dalam proses pengurusan berkasnya, pasangan yang sudah menggelar ijab kabul di Balai Nikah Mal Pelayanan Publik akan langsung diarahkan petugas KUA untuk menuju ke bagian disdukcapil di yang berada dalam satu MPP tersebut. 

Mereka cukup membawa buku nikah dan kartu-kartu identitas lama untuk kemudian berkas tersebut akan langsung diperbarui oleh petugas disdukcapil yang berada disana. 

Setelah itu, mempelai akan diarahkan ke bagian Anjungan Dukcapil Mandiri di Mal Pelayanan Publik untuk mengambil kartu-kartu identitas mereka yang sudah diperbarui. 

"Karena juga balai nikah dan tempat disdukcapil di Mal Pelayanan Publik Kota Palembang lokasinya saling berhadapan.

Jadi memang dekat sekali dan praktis," ujarnya. 

elain itu, Deni juga menjelaskan, bagi pasangan yang ingin menggelar ijab kabul di Mal Pelayanan Publik Kota Palembang, maka pendaftaran pernikahan dapat dilakukan di KUA Seberang Ulu I, juga seluruh persyaratan dan berkas yang diperlukan sama seperti menikah di KUA.

Deni berharap masyarakat dapat memanfaatkan fungsi dari Balai Nikah MPP tersebut secara maksimal, karena tempat yang nyaman, efisiensi pengurusan berkas yang mudah dan gratis.

"Selain tempatnya nyaman dan efisien karena bisa mengurus berbagai pemberkasan setelah menikah secara satu pintu, menikah disana juga tidak dipungut biaya alias gratis.

Jadi sayang sekali bila tidak dimanfaatkan," katanya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved