Breaking News:

news

Direktur RS Ummi Bogor Akui Ada yang Salah: Habib Rizieq Pulang Meski Hasil Swab Belum Keluar

Andi menyebutkan, pihak rumah sakit telah menyarankan agar Rizieq menunggu hasil tes usap (swab test) untuk Covid-19

Wartakota
Habib Rizieq dirawat di RS Ummi, Bogor, Jawa Barat 

SRIPOKU.COM, BOGOR-Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat, Andi Tatat mengatakan, pemimpin organisasi masyarakat (ormas) Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pulang dari rumah sakit itu atas kemauan pihak keluarga. Andi menyebutkan, pihak rumah sakit telah menyarankan agar Rizieq menunggu hasil tes usap (swab test) untuk Covid-19 yang telah dilakukan terhadapnya.

Namun, kata Andi, pihak keluarga menginginkan agar Rizieq pulang. "Pihak RS mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai pemeriksaan swab yang belum ada hasil, tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," ucap Andi, Senin (30/11/2020).

Soal mengapa Rizieq pulang dari rumah sakit melalui pintu belakang, Andi mengemukakan bahwa hal itu lebih pada tingkat kenyamanan pasien dalam proses kepulangannya. Andi mengatakan, sejauh ini pihak rumah sakit masih terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan MER-C serta pihak keluarga Rizieq Shihab untuk mendapatkan hasil tes usap yang bersangkutan. Pihak rumah sakit, sambung Andi, berjanji akan segera menyampaikan hasil tes usap Rizieq jika sudah mendapatkan laporan dari MER-C.

"Kami tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang. Oleh karenanya, pasien bersedia menandatangani dokumen bahwa kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga," imbuh dia.

Manajemen RS Ummi telah menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya kontroversi seputar kasus tes usap Rizieq Shihab. Pihak rumah sakit mengakui adanya kelemahan dalam sistem manajemen internal rumah sakit itu sehingga Rizieq Shihab dapat melakukan tes usap secara diam-diam dengan melibatkan tim medis dari MER-C.

MER-C merupakan sebuah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis serta bersifat non-profit. Lembaga itu disebut telah melakukan tes usap terhadap Rizieq di RS Ummi pada Jumat lalu, tetapi tanpa sepengetahuan pihak rumah sakit tersebut serta Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Belakangan pihak berwajib menyatakan, MER-C tidak terdaftar sebagai pihak yang dirujuk untuk melakukan tes Covid-19 serta tidak tercatat mempunyai laboratorium untuk melakukan tes Covid-19. Karena adanya kejanggalan dalam proses pemeriksaan itu, Wali Kota Bogor Bima Arya meminta agar Rizieq dites usap ulang dengan melibatkan Satgas Covid-19 Kota Bogor. Namun, pihak keluarga Rizieq menolak.

"Kami akui ada kelemahan di internal kami dalam melakukan koordinasi dan komunikasi," ujar Andi terkait kasus tes usap Rizieq itu. Rizieq Shihab disebut telah meninggalkan Rumah Sakit Ummi pada Sabtu malam lalu melalui pintu belakang, melewati tempat penyimpanan atau gudang obat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dirut RS Ummi Beberkan Alasan Rizieq Shihab Pulang dari RS dan Mengapa Pilih Lewat Pintu Belakang", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/11/30/13064851/dirut-rs-ummi-beberkan-alasan-rizieq-shihab-pulang-dari-rs-dan-mengapa?page=all#page2.
Penulis : Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah
Editor : Egidius Patnistik

Editor: Wiedarto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved