Breaking News:

Berita Lahat

DUSUN Sekayoen, Dusun Penuh Misteri di Lahat Sumsel, ada Arca Kepala Ribuan Tahun, Ini Penampakannya

Dusun Sekayoen penuh misteri ini secara administrasi wilayah masuk dalam ruang lingkup Desa Rindu Hati,  Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten  Lahat, Sumsel

SRIPOKU.COM/EHDI AMIN
Arca patung kepala yang berada di Dusun Sekayoen masuk dalam ruang lingkup Desa Rindu Hati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan 

Laporan wartawan Sripoku. Com Ehdi Amin 

SRIPOKU.COM, LAHAT - Langkah kaki tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat bersama Panoramic of Lahat, seketika berhenti dikawasan hutan Dusun Sekayoen,  sebuah dusun yang telah ditinggalkan penghuninya selama puluhan tahun. 

Dusun penuh misteri ini secara administrasi wilayah masuk dalam ruang lingkup Desa Rindu Hati,  Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten  Lahat, Sumatera Selatan.  

Penuh misteri,  lantaran dusun yang berjarak sekitar 100 meter dari sungai selangis menyimpan banyak peninggalan situs megalit yang berusia diduga mencapai ribuan tahun.

Dari situ,  tim Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat bersama Panoramic of Lahat, penasaran untuk membuktikan keberadaanya. 

Sabtu,  28 November 2020, tim bergerak menuju lokasi untuk melakukan penjelajahan bersama Penunjuk jalan,  Suharsono warga desa Sumber Karya Kecamatan Gumay Ulu, Lahat

Perjalanan pun dimulai dari Kota Lahat.  Tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat, beranggotakan Bambang Aprianto,  Indra dan Meri.  Sementara,  dari Panoramic of Lahat, Mario Andramartik,  Bayu dan Syaiful, melaju dengan mobil menuju Desa Rindu Hati. 

Arca patung kepala yang berada di Dusun Sekayoen masuk dalam ruang lingkup Desa Rindu Hati,  Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten  Lahat, Sumatera Selatan
Arca patung kepala yang berada di Dusun Sekayoen masuk dalam ruang lingkup Desa Rindu Hati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (SRIPOKU.COM/EHDI AMIN)

Baca juga: Menjelajah Keindahan Air Terjun Gunduk Lahat di Hutan Desa Karang Agung Kecamatan Pagar Gunung Lahat

Baca juga: 6 Ekor Siamang Sumatera Kembali ke Habitatnya, Dilepas ke Suaka Margasatwa Isau-isau Kabupaten Lahat

Baca juga: Objek Wisata Pemandian Luko Indah, Rekomendasi Liburan Berlokasi di Desa Karang Endah Kikim Lahat

Dari desa tersebut,  atau tepatnya disimpang tiga dusun Sekayoen,  perjalanan dipanjutkan dengan berjalan kaki,  sepanjang sekira tiga kilo meter.

Perjuangan tim pun dimulai lantaran medan jalan yang ditempuh menurun, menyusuri kebun Karet,  kebun kopi, semak belukar yang sudah menghapus pandangan mata. 

Tak hanya itu,  tim juga harus melintasi jembatan gantung.  

Halaman
12
Penulis: Ehdi Amin
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved