Breaking News:

Deru Klaim Pasar Ikan Palembang Aman, Tak Terkait Penangkapan Menteri Edhy Prabowo

Meski Menteri Edhy ditangkap KPK, namun mantan Bupati OKU Timur ini mengaku hal itu tidak akan mempengaruhi aktivitas pasar ikan modern

Editor: Soegeng Haryadi
KOMPAS.COM
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Rabu (25/11) malam ditetapkan sebagai tersangka perizinan ekspor lobster 

JAKARTA, SRIPO -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, Rabu (25/11) dini hari. Tim satuan tugas yang mencokok Eddy di Bandara Soekarno-Hatta pukul 01.23 WIB adalah penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan tim KPK mencokok Eddy Prabowo usai ia pulang dari Amerika Serikat. Eddy ditengarai terlibat dalam transaksi suap terkait ekspor benur. Selain Edhy, istrinya dan pegawai Kementerian KKP juga dibawa KPK.

"Ditangkap di Soetta, sekitar jam 01.23 WIB dini hari ada beberapa orang baik keluarga dan juga orang KKP. Detailnya kita ekspose dalam perkara apa dan modusnya," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Rabu (25/11) pagi.

Baca juga: Isteri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo Lolos dari Jeratan

Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango membenarkan adanya penangkapan sejumlah orang pada dini hari tadi.

Edhy Prabowo menjadi salah satu nama yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pengumuman pejabat menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Edhy Prabowo yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra bidang Keuangan dan Pembangunan Nasional, menggantikan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ia dikenal dekat dengan Prabowo Subianto kini sama-sama menjabat sebagai menteri dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca juga: Profil Iis Rosita Dewi, Istri Menteri KKP Edhy Prabowo, Ternyata Anggota DPR RI Periode 2019-2024

Penangkapan Edhy Prabowo yang berasal dari Muaraenim, Provinsi Sumsel, menyita perhatian Gubernur Sumsel, Herman Deru. Ia menyatakan turut prihatin atas penangkapan tersebut. Menurutnya politisi Partai Gerindra itu merupakan sosok yang humble, baik dan tegas dalam kesehariannya.

"Saya nonton TV belum ada sebut nama siapa Menteri yang tertangkap. Kalau memang terjadi saya ikut prihatin, beliau sosok yang baik dan tegas," ujar Herman Deru di Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (25/11) pagi.

Deru menjelaskan, tidak menyangka jika memang benar Menteri Edhy Prabowo ditangkap lembaga antirasuah tersebut. Ia pun mengaku tidak mengetahui kasus apa yang menyebabkan sahabatnya itu ditangkap.

Baca juga: Presiden Dukung dan Apresiasi KPK Atas Penangkapan Menteri Edhy Prabowo

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved