Breaking News:

Berita Banyuasin

Sri Fitriyanti Askolani : PKK Sebagai Mitra Pemerintah akan Terus Dorong Peningkatan Usaha Bagi UMKM

Sektor UMKM juga merupakan program visi misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin menuju Banyuasin Prima, seiring dengan era globalisasi saat ini

Editor: Welly Hadinata
Humas Pemkab Banyuasin
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Fitriyanti Askolani membagikan hadiah pemenang lomba PKK tingkat Kabupaten Tahun 2020 berlangsung di Gedung Serba Guna Kecamatan Talang Kelapa, Selasa (24/11/2020). 

SRIPOKU.COM, TALANG KELAPA - Kegiatan fasilitas permasalahan proses produksi dan fasilitasi kemudahan izin bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pembagian hadiah pemenang lomba PKK tingkat Kabupaten Tahun 2020 berlangsung di Gedung Serba Guna Kecamatan Talang Kelapa, Selasa (24/11/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas bagi pelaku usaha kecil dalam menumbuhkembangkan usaha mikro kecil/rumahan yang berkualitas dan sebagai sumbangsih peningkatan keuangan serta sebagai pemicu awal dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banyuasin.

Dimana hasil produksi dari UMKM tersebut telah memenuhi syarat keamanan pangan, memiliki izin PIRT dan kemasan yang baik sehingga dapat dijual pada PKK Mart yang akan direalisasikan pada Tahun 2021.

Mengingat pertumbuhan UMKM yang memiliki peran penting dalam mendorong perekonomian masyarakat. Sektor UMKM juga merupakan program visi misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin menuju Banyuasin Prima, seiring dengan era globalisasi saat ini, kemajuan teknologi semakin berkembang pesat.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA melaporkan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari pada tanggal 24 November 2020, dengan peserta berjumlah 40 (empat puluh) orang untuk kegiatan Pemberian Kemudahan Izin Bagi UMKM dan 20 (dua puluh) orang untuk kegiatan Pelatihan Permasalahan Proses Produksi.

Baca juga: Pemkab Banyuasin Siap Jadi Kabupaten Bebas Korupsi

Baca juga: Pelantikan Pengurus SMSI Kabupaten Banyuasin, Sekda Dr. HM. Senen Har : Media Menjadi Garda Terdepan

"Terimakasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin, Ibu dr. Fitriyanti Askolani yang memfasilitasi terselenggaranya pelatihan ini sehingga dapat terciptanya UMKM yang kreatif
dan inovatif  dalam menghasilkan inovasi produk guna mewujudkan visi misi Bupati Banyuasin 2019 -2023," ucapnya.

"Ungkapan yang sama kepada Bapak/Ibu Narasumber yang membantu dalam memberikan pengetahuan kepada UMKM, mengenai bagaimana upaya-upaya yang dilakukan dalam mengembangkan usaha yang dimiliki terutama pada masa pandemi covid saat ini, baik dari segi inovasi usaha dan cara-cara mendapatkan permodalan usaha, khususnya kemasan produk yang menjual serta fasilitasi izin produk bagi UMKM," tambahnya.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi produk oleh pelaku usaha, dimana saat ini telah banyak produk-produk dari daerah lain membanjiri dan memenuhi pasaran, diharapkan peranan Pemerintah dalam memberikan dukungan terhadap kemajuan UMKM sehingga mendorong semangat UMKM untuk tumbuh dan berkembang," harap Erwin.

Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani menyampaikan bahwa pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya banyak mengalami kendala diantaranya kendala permodalan, perizinan produk, teknologi pemasaran dan manajemen usaha.

"Oleh karena itu pemerintah harus terus mendorong keberadaan dan peningkatan perkembangan usaha bagi UMKM, sehingga pada tahun 2020 ini Tim Penggerak PKK Kabupaten dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Banyuasin menyelenggarakan pelatihan ini," sampainya.

Baca juga: Lantik PAC ABPEDNAS, Wabup Banyuasin H Slamet Somosentono Berharap Dapat Menjaga Harmonisasi

Baca juga: Lewat Pertunjukkan Seni, Pemkab Banyuasin Ajak Masyarakat Cegah Penularan Covid Pulihkan Ekonomi

dr. Fitri juga mengharapkan dapat memberikan informasi dan wawasan kepada UMKM di Kabupaten Banyuasin khususnya di Kecamatan Talang Kelapa, mengenai bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengembangkan usaha yang dimiliki terutama pada masa pandemi Covid saat ini, baik dari segi inovasi usaha, kemasan produk yang baik dan permodalan usaha.

"TP PKK dan Diskoperindag Kabupaten Banyuasin berkomitmen akan menindak lanjuti dan mengupayakan memfasilitasi UMKM dalam mendapatkan sertifikat keamanan pangan, izin PIRT dan sertifikasi halal bagi produk UMKM," tutup beliau.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan pembagian hadiah Pemenang Lomba PKK Tingkat Kabupaten Tahun 2020.

Turut hadir Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Informasi, Saifuddin Zuhri, Camat Talang Kelapa, Arifin Nasution, S.Sos., M.Si, TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa. (Diskominfo/PKP)

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved