Breaking News:

Berita OKU Selatan

Hari Pertama Pelipatan, KPU Kabupaten OKU Selatan Banyak Temukan Surat Suara Tidak Sempurna

KPU Kabupaten OKU Selatan mulai melakukan pelipatan, sekaligus pengecekan lembar surat suara persiapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 9 Desember

SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Petugas melakukan pelipatan lembar surat suara di gudang Logistik KPU Kabupaten OKU Selatan, Rabu (25/11/2020). 

Laporan Wartawan Sripoku.com Alan Nopriansyah

SRIPOKU.COM, MUARADUA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Selatan mulai melakukan pelipatan, sekaligus pengecekan lembar surat suara untuk persiapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 9 Desember 2020 mendatang.

Terdata sementara ini, lebih dari 100 lembar yang mengalami kecacatan yang ditemukan oleh KPU Kabupaten OKU Selatan, saat pengecekan di gudang logisitik wilayah Jalan Muaradua - Ranau, tepatnya Kelurahan Batu Belang Jaya Kecamatan Muaradua.

Terkait kecacatan lembar surat suara ini, dibenarkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Selatan sekaligus Divisi Keuangan, Umum, Logistik dan Teknik Rumah Tangga Ade Putra Marthabaya SH mengatakan, dihari pertama pelipatan sekaligus mengecekan mendapati adanya kecacatan cetak.

"Ini kita jadwalkan pelipatan dan pengecekana selama 3 hari, dari pengamatan kami sementara ada beberapa ditemukan surat suara yang cacat karena produksi," ujar Ade, Rabu (25/11/2020).

Ade mengatakan, kecacatan surat suara ditemukan beragam mulai cacat potong, hasil percetakan tidak sempurna, tinta yang buram serta percikan tinta pada lembar surat yang dinilai tidak efektif untuk digunakan pada pelaksanaan pencoblosan.

"Detilnya ada cacat potong surat suara terpotong pada bagian-bagian tertentu, kemudian ada tintanya yang buram, percetakan tidak sempurna dan ada juga percikan tinta,"ujar Ade.

Dikatakannya, surat suara cacat yang berkurang akan dimasukan dalam surat suara untuk dikembalikan sementara karena surat suara mengalami pengurangan akan dilakukan pergantian dari penyelenggara percetakan.

Terpisah pasca mendapat bimbingan dari pihak penyelenggara KPU, warga yang mulai melakukan pelipatan mulai melakukan pelipatan.

Pekerja pelipatan Devi mengatakan, dalam sehari pelipatan lembar surat suara dapat mencapai 2000 lembar.

"Iya kita mulai melipat surat suara hari ini, sehari bisa mendapat 2.000 lembar surat suara,"ujar Devi.

Terpantau proses pelipatan dan pengecekana oleh puluhan tenaga kerja yang tidak lain dari warga setempat melakukan pelipatan menggunakan protokol kesehatan (prokes) menggunakan masker serta persedian hand sanitizer.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: adi kurniawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved