Breaking News:

Hampir 16 Tahun Beralih Fungsi, Museum AK Gani Akhirnya Diresmikan

Selama pameran berlangsung, warga Sumsel dapat mengunjungi Museum AK Gani yang terletak di Jalan MP Mangkunegara, No 1 Sukamaju, Kec. IT II Palembang

Hampir 16 Tahun Beralih Fungsi, Museum AK Gani Akhirnya Diresmikan - museum1jpgjpg.jpg
maya cita rosa
Peresmian Museum AK Gani dan pameran Keliling dihadiri langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Rosidin Hasan, Rabu (25/11/2020).
Hampir 16 Tahun Beralih Fungsi, Museum AK Gani Akhirnya Diresmikan - museum2jpgjpg.jpg
maya cita rosa
Peresmian Museum AK Gani dan pameran Keliling dihadiri langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Rosidin Hasan, Rabu (25/11/2020).

SRIPOKU.COM, PALEMBANG- Setelah hampir 16 Tahun rumah milik Mayor Jend TNI (Purn) dr Adnan Kapau Gani, Pahlawan Nasional beralih fungsi menjadi sebuah museum.

Namun baru pada hari ini, Rabu (25/11/2020), Museum AK Gani diresmikan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.

Peresmian ini sekaligus dengan diselenggarakannya Museum Keliling bersama Museum Negeri Sumsel selama seminggu ke depan.

Selama pameran berlangsung, warga Sumsel dapat mengunjungi Museum AK Gani yang terletak di Jalan MP Mangkunegara, No 1 Sukamaju, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang.

Sudah terdapat berbagai pembenahan dan penataan kembali yang dilakukan di Museum AK Gani.

Awalnya kondisi museum yang terbengkalai karena berbagai macam kendala yang dihadapi, saat ini Museum AK Gani nampak lebih terawat dan rapi.

Mobil Jeep milik AK Gani yang sudah diperbaiki dan dicat ulang terpajang di bagian teras museum.

Sedangkan bagian dalam museum juga sudah memiliki berbagai hiasan dan penataan yang lebih baik dari beberapa bulan sebelumnya.

Terhitung lebih dari 1400 koleksi peninggalan AK Gani dan RA Masturah berupa bintang jasa, penghargaan, piagam, surat menyurat, mesin ketik, peralatan kedokteran, kamera, ratusan foto-foto perjuangan, bahkan ada kurang lebih sebanyak 700 buku milik AK Gani.

AK Gani lahir di Desa Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada 16 September 1905.

Halaman
123
Penulis: maya citra rosa
Editor: aminuddin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved