Berita Palembang

Gegara Curi Mangga, Kedok Komplotan Pencuri Ini Terbongkar, Ternyata Pelaku Bobol Masjid dan Kosan

Tiga sekawan yakni M Dodi Juliansyah (29), Rangga Triada (26), dan Heriyanto (29) yang tinggal di wilayah Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang

Editor: Yandi Triansyah
SRIPOKU.COM / Bayazir Al Rayhan
Tiga sekawan yakni M Dodi Juliansyah (29), Rangga Triada (26), dan Heriyanto (29) yang tinggal di wilayah Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang dibekuk unit reskrim Polsek Ilir Barat 1 Palembang, Selasa (24/11/2020) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Tiga sekawan yakni M Dodi Juliansyah (29), Rangga Triada (26), dan Heriyanto (29) yang tinggal di wilayah Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang dibekuk unit reskrim Polsek Ilir Barat 1 Palembang.

Ketiganya diamankan karena melakukan tindak pidana pencurian di tiga tempat yang berbeda yang mana dua diantaranya dilakukan di masjid.

Sedangkan satu diantaranya merupakan pencurian di rumah kosong.

Saat diamankan di Polsek IB 1 Palembang, Dodi yang merupakan tersangka pencurian mengatakan aksi pencurian tersebut dilakukannya di dua masjid yang berbeda di wilayah Ilir Barat 1 Palembang.

Dodi mengatakan saat melakukan aksi pencurian di masjid tersebut dilakukannya seorang diri tepatnya di jam 00.00 WIB.

Tersangka pada saat itu tidak sengaja melewati daerah tersebut dan melihat masjid dalam.

"Yang pertama di masjid Al Hidayat itu tengah malam aku ngambil tv masjid yang berada di dalam gudang sedangkan di masjid satunya di masjid Baitul Ulum itu aku ambil Vacum Cleaner dan kipas angin," kata Dodi, Selasa (24/11/2020).

Dikatakannya aksi tersebut dilakukannya dengan merusak pintu belakang masjid menggunakan obeng.

"Setelah berhasil mengambil itu aku suruh teman aku jual, TV itu sejuta yang lainnya aku dapat uang Rp 130 ribu.

Uangnya itu untuk kebutuhan sehari-hari pak," lanjutnya.

Sementara itu, dikatakan tersangka Rangga aksi pencurian di kosan dilakukannya di siang hari bersama dua tersangka lainnya.

Berawal dari selesai salat Jumat, ketiga tersangka mencuri buah mangga di depan rumah warga yang sedang kosong.

"Sewaktu manjat pohon itu kami lihat rumah kosan itu sedang dalam keadaan kosong, langsung berinisiatif untuk lakukan pencurian. Kami rusak dinding rumahnya waktu itu pak," kata pria pengangguran ini sambil tertunduk menyesali perbuatannya.

Setelah merusak rumah kost tersebut, para tersangka masuk dan mengambil barang barang korban yakni laptop, jam tangan, dan dua buah tabung gas.

"Kami jual dengan orang lain pak, orang tidak tau kalau itu hasil curian. Uangnya kami pakai untuk kebutuhan sehari hari karena tidak ada uang pak," lanjut Rangga.

Kapolsek IB 1 Palembang, Kompol Deni Triana didampingi Kanit Reskrim Iptu Ginting ketiganya merupakan komplotan pencurian yang sudah sering meresahkan masyarakat.

"Mereka ini bukan residivis dan masih pemain baru yang mana ketiganya saling berkaitan saat melakukan aksi pencuriannya," kata Deni.

Akibat perbuatannya tersebut, tersangka terancam pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara 7 tahun penjara.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved