TIPS Jitu Manfaatkan Medsos untuk Promosi Produk Bagi UMKM Pemula, Jangan Terlalu Banyak Teori!

M Rizky Pribadi M.Kom membagikan tipsnya bagi UMKM agar dapat memanfaatkan media sosial sebagai ladang penghasilan berjualan online.

Penulis: maya citra rosa | Editor: Welly Hadinata
SRIPOKU.COM/Maya Citra Rosa
Kepala Bagian Komunikasi dan Pemasaran Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Multi Data Palembang (MDP), M Rizky Pribadi M.Kom saat mengisi seminar Wirausaha Modern UMKM binaan STMIK MDP di Kota Palembang, Sabtu (21/11/2020). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Maya Citra Rosa

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ditengah kondisi perekonomian masyarakat di Indonesia yang semakin menurun, terutama di Kota Palembang, banyak Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum mengenal dunia digital marketing tertinggal dalam hal penjualan online. 

Bahkan tidak sedikit masyarakat di Palembang belum melek bisnis atau wirausaha dengan memanfaatkan digital marketing sebagai sarana penjualan yang modern. 

Kepala Bagian Komunikasi dan Pemasaran Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Multi Data Palembang (MDP), M Rizky Pribadi M.Kom membagikan tipsnya bagi UMKM agar dapat memanfaatkan media sosial sebagai ladang penghasilan berjualan online. 

Seperti yang diketahui, digital marketing atau pemasaran secara digital adalah usaha untuk mempromosikan produk dengan memanfaatkan media digital, dapat menjangkau konsumen seluas-luasnya. 

Oleh karena itu, penting sekali mempelajari digital marketing bagi UMKM dalam hal mempromosikan produk yang telah dihasilkan. 

"Hal yang paling penting dalam hal digital marketing adalah praktek, jadi tidak perlu banyak teori," ujarnya saat ditemui usai seminar Wirausaha Modern UMKM binaan STMIK MDP di Kota Palembang, Sabtu (21/11/2020).

Berikut ini tips bagi UMKM pemula yang ingin memanfaatkan digital marketing untuk usahanya. 

1. Beralih dari Offline ke Online

Hal ini yaitu untuk mengganti pola pikir untuk beralih membuat iklan atau promosi melalui online, baik itu media sosial, media elektronik, atau iklan sebagainya. 

Menurutnya, jika dalam satu kali iklan dengan cara membuat selebaran bisa menghabiskan budget yang besar, dengan digital marketing UMKM dapat menyesuaikan sendiri pengeluaran iklan dengan modal yang tidak terlalu besar. 

"Biasanya kalau kita cetak pakai banner dan sebagainya bisa mencapai puluhan juta, dengan digital marketing kita hanya butuh modal iklan ratusan ribu saja atau sesuai dengan keuangan kita," ujarnya. 

2. Mencari tahu melalui Website atau komunitas pengusaha yang bergerak dalam digital marketing

Hal ini dapat dilakukan karena semakin terbukanya informasi, sehingga memudahkan masyarakat terutama kaum muda untuk belajar tentang digital marketing. 

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved