Breaking News:

Inovasi POLTABES Diganjar Penghargaan oleh Kemenpan RB, Pemkot Palembang Bakal Terima DID Rp 8,1 M

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian

SRIPOKU.COM /Rahmaliyah
Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa berhasil mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia.

Raihan prestasi ini ditujukan atas keberhasilan inovasi Pelayanan Tak Boleh Berhenti Sekolah (Poltabes) melalui sekolah anak jalanan dan anak putus sekolah Kota Palembang yang dilakukan bersama Dinas Pendidikan Kota Palembang.

Rencananya penghargaan ini akan diserahkan pada Rabu (25/11/2020). 

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, pihaknya merasa capaian prestasi ini tentunya tak terlepas atas kerjasama dan inovasi yang dihadirkan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu sendiri.

Apalagi, program layanan yang dibuat juga mengacu pada tingginya jumlah angka anak-anak putus sekolah. Untuk menyiasatinya, program Poltabes hadir untuk menghimpun anak-anak putus sekolah.

"Ini inovasi ke dua dari Dinas Pendidikan dan kita masuk top 45 program inovasi unggulan di Indonesia. Atas Raihan ini Palembang akan mendapatkan dana insentif daerah (DID) tahun 2021 senilai Rp 8,1 miliar," katanya.

Dewa mengatakan, dalam pelaksanaan layanan Poltabes anak-anak putus sekolah dan anak jalanan dibekali dengan skill tertentu dan terakreditasi.

Bahkan, Poltabes juga dilirik oleh daerah-daerah lain untuk di replikasi penerapannya di daerah bersangkutan.

"Ada juga pihak lain yang belajar dan menjadikan ini sebagai percontohan karena manfaatnya juga sangat baik," katanya.

Diharapkan, prestasi ini juga dapat memacu kinerja OPD lain di Pemkot Palembang untuk terus berinovasi sehingga menjadi penilaian tambahan di tingkat Kementerian.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Yandi Triansyah
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved