Breaking News:

News Video Sripo

Pengamat: Penantang Bisa Tumbangkan Petahana Pimpin Kabupaten Musirawas, Asal Lakukan Ini

analisa Dosen Politik Stisipol Candradimuka ini, petahana diprediksi dapat dikalahkan apabila sang penantang memanfaatkan pragmatisme pemilih

Penulis: Abdul Hafiz | Editor: Ahmad Helmi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Pengamat Politik Sumatera Selatan Ade Indra Chaniago mengatakan jika membaca hasil survey paparan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Indenpen (LKPI) Arianto ST MSi, diprediksi jika Incumbent di Musi Rawas sepertinya akan kembali melenggang dan  memenangkan kontestasi Pilkada yang akan digelar tanggal 9 Desember mendatang. 

Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena angka 60 persen lebih tersebut tidak lah mudah untuk dikejar, terlebih lagi selisih keduanya lebih dari separuh.

"Jadi sangat wajar apabila Incumbent atau petahana akan kembali memenangkan kontestasi, karena memang keunggulan mereka sudah berkampanye terhitung sejak dilantik," ungkap Mahasiswa Program Doktoral Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) ini di Hotel Santika, Minggu (14/12/2020).

Menurut analisa Dosen Politik Stisipol Candradimuka ini, petahana diprediksi dapat dikalahkan apabila sang penantang memanfaatkan pragmatisme pemilih dengan melakukan politik uang secara massif.  

"Apabila hal tersebut tidak terjadi maka dapat diprediksi hasil Pilkada nanti tidak akan jauh bedanya dengan hasil survey yang dirilis oleh LKPI," katanya.

Dia menilai masyarakat harus cerdas dan tidak tergiur oleh politik uang karena pemimpin hasil politik uang rentan akan melakukan praktik korupsi jika terpilih.

"Karenanya, Bawaslu punya tugas berat untuk mengawal pilkada ini agar tidak terjadi politik uang jelang pencoblosan. Bawaslu juga tidak boleh main mata dengan siapapun, jadi harus on the track sebagaimana amanah konstitusi untuk menjaga dan mengawal marwah organisasi," tegas eks Aktivis 98 ini.

Potensi pasagan paslon yang mengusung jargon Lanjutkan Musirawas Sempurna ini terungkap dalam release survei Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) yang digelar di Hotel Santika, Minggu (14/12/2020).

Saksikan juga video pilihan berikut ini dan Subcribe Channel Youtube SripokuTV:

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved