Breaking News:

Kembalikan Kesuburan Tanah dengan Pupuk Organik Bokashi

Pupuk organik kompos Bokashi merupakan salah satu solusi untuk meredamnya penggunaan pupuk kimia yang semakin meningkat oleh petani.

IST
Kembalikan Kesuburan Tanah dengan Pupuk Organik Bokashi 

SRIPOKU.COM - “Tongkat Batu Akar Jadi Tanaman” itulah penggalan lirik lagu lama, artinya betapa suburnya tanah Ibu Pertiwi ini. Keadaan demikian sangat potensial untuk pertanian.

Zaman dahulu orang melakukan atau membuka lahan pertanian dengan cara berpindah-pindah tempat dan membakarnya.

Harapannya dengan membuka lahan dengan cara dibakar, tanah akan subur untuk bercocok tanam. Namun
seiring berlalunya waktu dan perkembangan zaman serta pola pikir manusia semakin modern, “Nomaden” berangsur-angsur tidak digunakan lagi.

Manusia lebih memilih untuk bercocok tanam secara menetap sekaligus untuk tempat tinggal.

Saat ini kesuburan tanah sudah menurun dan kondisinya mulai rusak. Menurut Arsyad (1989) dalam Hetti, et.all (2019) kerusakan tanah dapat terjadi karena: 1) kehilangan unsur hara dan bahan organik di daerah perakaran; 2) terkumpulnya garam di daerah perakaran, terkumpulnya unsur atau senyawa yang merupakan racun bagi tanaman; 3) penjenuhan tanah oleh air; dan 4) erosi.

Penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimia yang berlebihan menjadi penyumbang terjadinya kerusakan tanah dan menurunnya kesuburan tanah (bahan organik).

Untuk meningkatkan hasil pertanian, petani sangat bergantung pada pupuk kimia. Mereka seakan kurang percaya dengan penggunaan pupuk organik hayati. Penggunaan pupuk kimia secara terus-menerus akan mengganggu
keseimbangan sifat tanah, sehingga tanah semakin liat, tandus, sulit diolah, dan produktivitasnya semakin menurun (Nurbani, 2017).

Akibatnya dari tahun ke tahun penggunaan pupuk kimia semakin bertambah. Sehingga terjadi kelangkaan
pupuk kimia pada saat ini yang dialami oleh petani.

Melihat kondisi demikian, pemerintah giat mensosialisasikan penggunaan pupuk organik melalui media sosial maupun secara langsung pada petani.

Pupuk organik kompos Bokashi merupakan salah satu solusi untuk meredamnya penggunaan pupuk kimia yang semakin meningkat oleh petani.

Halaman
123
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved