Breaking News:

Selamat! UI Sukses Raih Peringkat Pertama sebagai Perguruan Tinggi Inovatif dalam Manajemen Inovasi

"Selama pandemi Covid-19, kita melihat betapa pentingnya inovasi, semua negara berlomba menjadi negara terdepan, tercepat, terunggul lewat inovasi

https://www.ui.ac.id/
Kampus Universitas Indonesia. 

SRIPOKU. COM, JAKARTA - Kabar gembira datang dari salah satu universitas terkemuka di Tanah Air. 

Universitas Indonesia (UI).

UI berhasil meraih penghargaan peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi inovatif dalam manajemen inovasi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro di Auditorium Gedung BJ Habibie, Jakarta Pusat, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Tak Perlu Beli di Luar Negeri, Universitas Indonesia Sudah Ciptakan Ventilator Untuk Pasien Covid-19

Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi rangkaian kegiatan Inovasi Indonesia Expo 2020, yang akan berlangsung selama empat hari, yaitu 10 – 13 November 2020.

Jokowi menyampaikan, inovasi adalah kunci transformasi, inovasi adalah energi untuk melakukan perubahan, inovasi adalah solusi untuk mengatasi permasalahan, dan inovasi adalah modal untuk memenangi persaingan.

"Selama pandemi Covid-19, kita melihat betapa pentingnya inovasi, semua negara berlomba untuk menjadi negara terdepan, tercepat, terunggul melalui inovasi. 

Demikian pula, di negara kita, inovasi semakin bertumbuh melalui terobosan baru di bidang kesehatan, alat kesehatan, dan lainnya. 

Berbagai komunitas peneliti juga terus bekerja mencari obat dan terapi guna mengatasi Covid-19. 

Ini bukti bahwa kita memiliki banyak talenta hebat untuk berkarya mewujudkan kemandirian dan keunggulan bangsa," papar Jokowi.

Baca juga: Inilah 6 Universitas Terbaik Indonesia 2019/2020: Universitas Indonesia hingga ITS Surabaya

Sementara itu, Prof Bambang menuturkan, sinergi dan kolaborasi triple helix dalam menghasilkan produk nasional perlu diperkuat agar dapat mendorong substitusi impor berbasis inovasi atau bahkan menciptakan inovasi yang dapat mendorong ekspor produk Indonesia.

"Kegiatan bersama dalam Prioritas Riset Nasional dan Konsorsium Riset Inovasi Covid-19 adalah contoh nyata perwujudan triple helix. 

Halaman
123
Editor: aminuddin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved