Breaking News:

Memprihatinkan Setelah 20 Tahun Merdeka, Timor Leste Masuk Ekonominya Paling Parah

Mungkin karena terpropokasi pihak lain, Timor Timur –salah satu provinsi di Indonesia ngotot dengan segala  daya upaya untuk pisah alias merdeka.

Editor: Salman Rasyidin
Intisari
Anak kecil di Timor Leste terlihat kelaparan dan kurang gizi 

 

SRIPOKU.COM – Mungkin karena terpropokasi pihak  lain, Timor Timur –salah satu provinsi di Indonesia ngotot dengan segala  daya upaya untuk pisah alias merdeka.

Kemerdekaan dari Indonesia pun diperoleh setelah  kebijakan Presiden BJ Habiebie memberikan opsi  referendum  dan hasilnya pun Timur Timor memisahkan diri dari Negara Kesatuan RI.

Tentunya dengan kemerdekaan diharapkan bisa lebih leluasa untuk menentukan nasib bangsanya sendiri.

Namun setelah 20 tahun Merdeka  fakta  yang  ada di Negara Timur Leste sangat memprihatinkan bahkan  kalau tidak hati-hati bisa terjerat  utang kalau tidak bias mengelola sendiri asset  dan kekayaan alam yang ada.

Disadur Intisari-online.com menyebutkan aspek utama dalam membicarakan ekonomi salah satunya adalah kebebasan ekonomi suatu negara.

Kebebasan ekonomi adalah hak dasar dari semua manusia untuk mengatur caranya bekerja dan properti yang ia miliki.

Kebanyakan di komunitas dengan perekonomian yang bebas, masing-masing individu bebas untuk bekerja, menciptakan sesuatu, mengkonsumsi apa yang ia mau dan berinvestasi sebagaimana yang mereka mau.

Pada negara dengan perekonomian yang bebas pemerintah juga memperbolehkan para buruh, pemilik perusahaan dan hasil produksi untuk bergerak secara bebas.

Melansir analisis ekonomi yang dilakukan situs organisasi heritage.org, ada 5 grup yang membedakan masing-masing negara atas kebebasan ekonominya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved